PAN Sebut Taufik Kurniawan Ada di Dapil
Wakil Ketua DPRD DKI M. Taufik/MI/Mohamad Irfan
Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan belum muncul ke publik sejak dicekal dan ditetapkan sebagai tersangka. Batang hidung Taufik tak terlihat selama satu bulan di kompleks parlemen.

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan Taufik berada di daerah pemilihannya. Hal itu berdasarkan pada instruksi partai agar caleg DPR sosialisasi dini ke masyarakat.

"Seluruh caleg DPR kita minta melakukan sosialisasi dini di dapil. Menurut saya tidak terkecuali anggota DPR yang sudah duduk," kata Eddy saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 31 Oktober 2018.


Taufik kembali maju sebagai caleg di Dapil VII Jawa Tengah. Yang meliputi wilayah Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen.

Baca: PAN Didesak Pecat Taufik Kurniawan

Eddy menjamin, meski Taufik belum muncul ke publik, Wakil Ketua DPR itu bakal kooperatif menjalani setiap tahapan proses pemeriksaan. Termasuk apabila dipanggil KPK.

"Kita sudah diyakinkan beliau akan koperatif menjalani proses penyidikan lebih lanjut," kata dia.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan sebagai tersangka. Taufik diduga menerima suap, terkait pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBN.

"KPK menetapkan TK, wakil ketua DPR periode 2014-2019 sebagai tersangka," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam konfrensi pers di Gedung KPK, Selasa, 30 Oktober 2018.

Basaria mengungkapkan Taufik diduga menerima duit dari eks Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad. Ini lantaran politikus PAN itu membantu menambah DAK Kabupaten Kebumen untuk fisik sejumlah Rp100 miliar di APBN.

"Fee untuk pengurusan anggaran lima persen. TK diduga menerima Rp3,6 miliar," imbuh Basaria.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id