PAN Didesak Pecat Taufik Kurniawan
Wakil Ketua DPRD DKI M. Taufik/MI/Mohamad Irfan
Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) didesak segera memecat Taufik Kurniawan kader PAN. Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai status tersangka yang diberikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Taufik sangat merusak citra PAN.

"Baiknya PAN langsung mengganti Taufik. Tidak hanya memberhentikan sebagai wakil ketua DPR, tapi juga memberhentikan sebagai anggota DPR dan kader PAN," ujar Pangi saat dihubungi, Rabu, 31 Oktober 2018.

Baca: Taufik Kurniawan Tersangka


Kasus Tuafik bisa menggerus elektabilitas PAN jelang Pemilu Serentak 2019. Namun, tindakan tegas PAN bisa menunjukkan partai pimpinan Zulkifli Hasan itu mendukung upaya pemberantasan korupsi di Tanah Air.

"Yang penting KPK harus kita dukung terus dalam agenda pemberantasan korupsi. Kita minta KPK jaga kepercayaan rakyat. Jangan coba-coba politisasi kasus hukum untuk kepentingan politik tertentu," kata dia.

KPK harus total mengusut kasus korupsi. Baik yang ditemukan di partai pemerintah atau oposisi. Apalagi, tersangkanya merupakan wakil rakyat.

"KPK harus terus membuktikan diri sebagai lembaga yang netral dan tidak bekerja berdasarkan kepentingan politik atau berbau politis," ucap Pangi.

Baca: Taufik Kurniawan Menghilang Sejak Dicegah KPK

Taufik Kurniawan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBNP 2016. Penetapan tersangka dilakukan Selasa, 30 Oktober 2018.

Penetapan tersangka pada Taufik merupakan pengembangan perkara kasus Yahya Fuad. Pada kasus itu, KPK sudah menetapkan sembilan orang sebagai tersangka.

Taufik yang lebih dulu dicegah ke luar negeri dijerat Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.



(OJE)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id