Bupati nonaktif Lampung Selatan Zainudin Hasan/MI/Rommy Pujianto
Bupati nonaktif Lampung Selatan Zainudin Hasan/MI/Rommy Pujianto

Uang Suap Zainudin Hasan Mengalir ke PAN

Nasional OTT Bupati Lampung Selatan
Damar Iradat • 17 Desember 2018 18:14
Lampung: Suap Bupati nonaktif Lampung Selatan Zainudin Hasan mengalir ke PAN, partai tempat ia bernaung. Menurut jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), uang merupakan hasil penerimaan fee dari rekanan sejak 2016-2018.

Adik Ketua MPR Zulkifli Hasan, Zainudin Hasan, didakwa melakukan tindak pencucian uang hasil praktik suap, gratifikasi, dan penerimaan keuntungan dari perusahaan yang dikelolanya menggunakan pihak lain. Selain untuk penggunaan pribadi, Zainudin juga mencuci uang hasil korupsi itu mengalir untuk kegiatan PAN.

"Terdakwa memerintahkan Agus Bhakti Nugroho (anggota DPRD Lampung) melakukan beberapa pengeluaran uang untuk kepentingan dan kemanfaatan terdakwa," kata jaksa saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Lampung, Senin, 17 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Zainudin Hasan Juga Didakwa Menerima Gratifikasi Rp7 Miliar Zainudin juga menggunakan uang Rp16.405.000 untuk membayar Swiss Bellhotel Bandar Lampung untuk kegiatan PAN. Pembayaran dilakukan 27 Juli 2017. Pada 17 September 2017, ia kembali mengeluarkan uang Rp29.999.999 untuk Swiss-Belhotel Bandar Lampung untuk kegiatan yang sama.

Sekitar November 2017, ia membayarkan uang Rp700 juta ke Swiss-Belhotel Bandar Lampung untuk kegiatan meeting room, paket kamar, dan untuk peserta acara pelantikan pengurus baru DPW PAN.  Ia juga membayarkan uang Rp150 juta kepada event organizer pelantikan pengurus baru DPW PAN Lampung.

Baca: Zainudin Hasan Terima Keuntungan Rp27 Miliar

Uang haram tersebut juga diduga mengalir ke DPRD Kabupaten Lampung Selatan. Zainudin disebut memberikan Rp500 juta kepada Ketua DPRD Lampung Selatan Hendri Rosyadi untuk keperluan pribadi.

Ia kembali memberikan uang Rp2 miliar pada Hendri. Menurut dakwaan jaksa, pemberian untuk kepentingan semua anggota DPRD Lampung Selatan.


(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi