Rizal Ramli Minta Pemeriksaan Ditunda
Eks Menteri Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Foto: MI/Susanto.
Jakarta: Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli (RR) tak memenuhi panggilan kedua kalinya sebagai terlapor di Polda Metro Jaya. Pemanggilan ini soal dugaan penghinaan terhadap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. 

"Saya mohon ke Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya (Kombes Ade Deriyan) untuk ditunda pemanggilan karena memang belum ada kesiapan. Beliau (RR) masih ada tugas di luar," kata Kuasa Hukum Rizal Ramli, Johannes Tobing, saat diklarifikasi, Senin, 22 Oktober 2018. 

Rizal diagendakan untuk diperiksa penyidik hari ini. Sementara itu, pemeriksaan pertama diagendakan pada 8 Oktober 2018. Johannes mengatakan pemeriksaan akan dilakukan pada Rabu, 24 Oktober 2018. 


"Kami akan datang menghadap untuk mendampingi saudara RR," ujar Johannes.

Rizal dilaporkan Ketua Badan Advokasi Hukum DPP Partai NasDem Taufik Basari ke polisi karena mengeluarkan pernyataan tentang impor garam dan gula yang berlebih dari kuota seharusnya. Ia menyebut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sebagai biang kerok masalah ini.

Baca: NasDem Nilai Laporan Rizal Ramli Mengada-ada

Namun, Rizal menuding Presiden Joko Widodo tak berani menegur Enggar yang berasal dari Partai NasDem. Alasannya, kata Rizal, Jokowi sungkan dengan Surya Paloh yang merupakan ketua umum Partai NasDem.

Komandan Komando Strategis NasDem (Konstranas) Syahrul Yasin Limpo menilai pernyataan Rizal adalah fitnah keji yang tak berdasar. Pernyataan yang dikeluarkan di beberapa media itu dinilai bertujuan membunuh karakter Surya Paloh.

"Saudara RR juga telah merendahkan martabat Presiden Jokowi dengan menggambarkan sosok yang mudah ditekan pihak lain," kata Syahrul.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id