Ilustrasi Lapas Salemba--Medcom.id/Cindy.
Ilustrasi Lapas Salemba--Medcom.id/Cindy.

Dapat Remisi Natal, 6 Napi Salemba Bebas

Nasional remisi
Cindy • 25 Desember 2018 13:28
Jakarta: Sebanyak enam orang narapidana Rutan Salemba, Jakarta Pusat bebas, setelah mendapatkan pengurangan masa hukuman (remisi). Enam orang tersebut  mendapatkan remisi natal mulai dari 15 hari hingga satu bulan masa tahanan.   

"Ada enam orang yang bebas dari 82 napi beragama nasrani yang kita berikan remisi khusus di hari natal," ungkap Kepala Rutan Salemba Jakarta Pusat Masjuno kepada Medcom.id, di Rutan Salemba, Jakarta Pusat, Selasa, 25 Desember 2018.

Tidak hanya itu, pada hari besar nasrani itu, Rutan Salemba juga memfasilitasi keluarga narapidana yang ingin datang berkunjung. Pantauan Medcom.id, sejak pagi tadi, terdapat ribuan warga yang mengantre untuk mengunjungi keluarganya yang menjadi narapidana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dengan pemeriksaan ketat, seperti pemeriksaan identitas, sidik jari, pemeriksaan barang bawaan. Pemberian cap khusus dan tanda pengenal, serta penggeledahan seluruh anggota tubuh baik laki-laki maupun perempuan. Pemeriksaan itu tidak hanya dilakukan saat hari besar, namun juga di hari-hari biasa. "Biasa penjagaan dilakukan shift, khusus untuk hari natal ini penjaga semuanya aktif," tutur Masjuno. Baca: 160 Napi Bebas Setelah Dapat Remisi Natal

Sebelumnya, 11.232 narapidana umat Kristiani mendapatkan pengurangan masa hukuman. Sebanyak 160 orang di antaranya dapat  menghirup udara bebas di Hari Raya Natal 2018 pada Selasa, 25 Desember 2018.

Pengurangan masa pidana berupa remisi khusus ini diberikan kepada narapidana beragama kristen, yang  telah menjalani pidana enam bulan. "Kemudian berkelakuan baik dan mengikuti pembinaan yang diselenggarakan oleh lapas rutan," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukumdan HAM Sri Puguh Budi Utami, Senin, 24 Desember 2018.

Pemberian remisi kepada narapidana diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2006, serta Keputusan Presiden No. 174 /1999 tentang Remisi.


(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi