Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami (tengah) usai sidak di Lapas Aceh. ANT/Ampelsa.
Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami (tengah) usai sidak di Lapas Aceh. ANT/Ampelsa.

160 Napi Bebas Setelah Dapat Remisi Natal

Nasional remisi
Faisal Abdalla • 25 Desember 2018 01:51
Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi khusus Natal kepada 11.232 narapidana. Sebanyak 160 napi di antaranya langsung bebas.
 
"Remisi diberikan kepada 11.232 narapidana umat Kristiani. 160 orang di antaranya dapat menghirup udara bebas di Hari Raya Natal 2018, sisanya sebanyak 11.072 orang masih harus menjalani sisa pidana," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami di Jakarta, Senin, 24 Desember 2018.
 
Sri mengatakan remisi khusus diberikan kepada narapidana beragama Kristen yang telah menjalani pidana 6 bulan, berkelakuan baik, dan mengikuti pembinaan yang diselenggarakan lapas atau rutan. Menurutnya, remisi ini juga merupakan apresiasi pemerintah terhadap warga binaan pemasyarakatan yang merayakan hari besar keagamaannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini sejalan dengan sudut pandang sistem pemasyarakatan yang melihat pemidanaan harus mengedepankan aspek pendekatan pembinaan agar mereka dapat bertobat dan sadar atas kesalahan yang dilakukan." tuturnya.
 
Pemberian remisi dapat memotivasi warga binaan berperilaku baik. Selain itu, remisi juga berdampak positif terhadap penghematan anggaran negara.
 
"Tahun ini Remisi Khusus Natal menyumbang penghematan anggaran negara sebesar Rp. 4.759.051.500," tandasnya.
 
Pemberian remisi kepada narapidana diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2006, serta Keputusan Presiden No. 174 /1999 tentang Remisi.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif