Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto.

KPK Ikut Aturan Main Jokowi

Nasional Revisi UU KPK
Fachri Audhia Hafiez • 02 November 2019 05:30
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mengikuti aturan mengenai pemilihan dewan pengawas tanpa melalui panitia seleksi (pansel). Sejatinya, kebijakan itu telah tercantum dalam UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.
 
"Mekanismenya saya kira disesuaikan saja dengan UU nomor 19 tahun 2019. Karena ada kewenangan presiden untuk memilih di sana," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat, 1 November 2019.
 
Dalam UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK disebutkan, ketua dan anggota dewan pengawas dipilih oleh Presiden melalui panitia seleksi. Sementara pada butir Pasal 69 A ayat (1) menyebutkan, bahwa ketua dan anggota dewan pengawas untuk pertama kalinya ditunjuk dan diangkat oleh Presiden Republik Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Febri mengaku, KPK tengah mencermati UU yang disahkan 17 September 2019 itu. Lembaga Antirasuah juga tengah berupaya menurunkan sejumlah aturan dalam UU tersebut. Sebanyak 26 poin ditelaah sebagai bagian yang beresiko melemahkan kerja KPK.
 
KPK juga tak ambil pusing mengenai kriteria yang dibutuhkan seorang dewan pengawas. Febri menegaskan, kriteria tersebut sebagaimana telah diatur dalam UU.
 
"Fokus kami melihat serta meminimalisir resiko kerusakan akibat dari UU yang ada bagian yang saling bertentangan begitu," ujar Febri.
 
Presiden Joko Widodo telah menyampaikan secara resmi bahwa penyusunan anggota dewan pengawas KPK tidak melalui pansel. Saat ini Kepala Negara tengah menggodok nama-nama yang masuk radar dewan pengawas.
 
"Tapi percayalah yang terpilih nanti adalah beliau-beliau yang memiliki kredibilitas yang baik," ungkap Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif