Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Komnas HAM Kawal Ekshumasi Brigadir J di Jambi

Theofilus Ifan Sucipto • 26 Juli 2022 14:09
Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bakal mengawal proses ekshumasi Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat (J) di Jambi. Fakta-fakta ekshumasi bakal melengkapi bahan analisis.
 
"Kita berangkat sore nanti karena diminta resmi untuk mendapat informasi akurat," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di kantornya, Selasa, 26 Juli 2022.
 
Taufan mengatakan pihaknya juga bakal mendengar keterangan dari berbagai pihak. Mulai dari keluarga Brigadir J hingga dokter forensik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita punya ahli yang akan diminta pendapat dan masukannya ke Komnas HAM untuk menilai seluruh data dan fakta," ujar dia.
 

Baca: Ajudan Ferdy Sambo Diminta Kooperatif dan Jujur Soal Kematian Brigadir J


Tim khusus akan melakukan ekshumasi atau autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J pada Rabu, 27 Juli 2022. Sejumlah dokter forensik dari internal maupun eksternal Polri akan diterjunkan dalam proses tersebut.
 
"Dari Polri ada Dokpol Forensik. Kalau dari eksteral ada Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI), Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dan Dokter Forensik dari beberapa universitas. Jumlahnya di atas 7 sampai 10 lebih," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dihubungi, Minggu, 24 Juli 2022.
 
Setelah diangkat dari makam, kata dia, jenazah Brigadir Yosua akan dibawa ke RSUD terdekat di Jambi untuk proses autopsi ulang. "Tempat (autopsi ulang) di RSUD terdekat, karena informasi dari dokter Polda, lokasi makam sempit," ucap dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif