Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

KPK Pasrah Masyarakat Tuntut Nurul Ghufron

Nasional Revisi UU KPK
Candra Yuri Nuralam • 11 Maret 2020 08:28
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pasrah Tim Advokasi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) melaporkan Wakil Ketua KPK Nurul Gufron ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). KPK enggan mencampuri masalah ini.
 
"KPK menghormati langkah hukum oleh siapa pun terkait dengan rencana gugatan ke PTUN tersebut spanjang memang memiliki legal standing dari pemohon tentunya," kata pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa 10 Maret 2020.
 
Menurut dia, Ghufron dipilih menjadi pimpinan KPK setelah menjalani tes yang ketat. Ghufron lolos berdasarkan pertimbangan dari Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK dan anggota DPR pada 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ghufron, kata dia, sudah memenuhi syarat berdasarkan UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK yang saat itu masih berlaku. Ghufron dipastikan legal memimpin KPK.
 
"Nurul Ghufron selaku sebagai salah satu pimpinan KPK periode 2019-2023 tentunya telah selesai dan sesuai dengan ketentuan undang-undang," ujar Ali.
 
Selain itu, Ali mengatakan pengangkatan Ghufron disahkan dengan surat keputusan presiden. Dalam surat itu, ada fatwa Mahkamah Agung terkait jabatan Ghufron di KPK.
 
KPK Pasrah Masyarakat Tuntut Nurul Ghufron
Wakil Ketua KPK Nurul Guhfron. Foto: MI/Susanto
 
Baca: KPK Target IPK Indonesia Meningkat di 2024
 
Sejumlah pegiat antikorupsi yang tergabung dalam Tim Advokasi UU KPK berencana melayangkan gugatan ke PTUN menyoal keputusan presiden (keppres) tentang pelantikan Nurul Ghufron. Mereka mempermasalahkan umur Ghufron yang baru 45 tahun saat dilantik.
 
Mereka berpendapat pelantikan Nurul Ghufron bertentangan dengan UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 30 Tahun 2002. UU KPK hasil revisi itu mengharuskan pimpinan KPK berusia minimal 50 tahun.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif