Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Pemilihan Kabareskrim Dipastikan Bebas Intrik

Nasional polri
Juven Martua Sitompul • 12 November 2019 15:05
Jakarta: Proses pemilihan kepala Badan Reserse Kriminal (kabarekrim) Polri dipastikan bebas dari intrik politis. Masyarakat diminta memercayakan Kapolri Jenderal Idham Azis memilih kabareskrim baru.
 
“Jangan terlalu paranoid terkait penunjukan Kabareskrim baru, kita harus menghormati Kapolri” kata Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 12 November 2019.
 
Poengky yakin Idham tidak bisa diintervensi pihak tertentu, khususnya partai politik, terkait penunjukan kabareskrim. Pasalnya, pemilihan kabareskrim melalui proses sidang Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jangan khawatir. Sistem di Polri sudah berjalan dengan baik,” jelas mantan aktivis hak asasi manusia (HAM) itu.
 
Meski tidak memiliki kewenangan dalam memberi masukan, Kompolnas tetap berharap kabareskrim baru diisi sosok tepat. Terpenting, sosok itu harus tegas dan siap membersihkan lingkungan Bareskrim.
 
"Sehingga jika ada oknum anggota-anggota nakal yang berani minta uang pada pelapor agar dapat diproses hukum,” ujar dia.
 
Informasi yang beredar, ada empat perwira tinggi (pati) yang santer masuk bursa calon kabareskrim. Mereka ialah Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Irjen Listyo Sigit, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, Deputi Operasi Polri Irjen Martuani Sormin, dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andrianto.
 
Keempatnya disebut sebagai pati yang berprestasi. Mereka bahkan dianggap layak menjadi kabareskrim menggantikan Jenderal Idham Azis yang kini menjadi kapolri.
 
“Tunggu saja. Sebentar lagi pasti ada TR (telegram rahasia Kapolri) turun untuk kabareskrim baru,” pungkas Poengky.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif