Auditor BPK Gunakan KTP dan NPWP Palsu untuk Beli Mobil Mewah

Damar Iradat 10 Januari 2018 13:38 WIB
suap di bpk
Auditor BPK Gunakan KTP dan NPWP Palsu untuk Beli Mobil Mewah
Sidang kasus suap di BPK di Pengadilan TIpikor. Foto: Medcom.id/Damar Iradat.
Jakarta: Auditor Utama Keuangan Negara III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rochmadi Saptogiri tak hanya menggunakan KTP palsu saat membeli mobil mewah. Ia juga menggunakan nomor pokok wajib pajak (NPWP) bodong.

Hal itu diketahui dari penjelasan Valentino, pegawai showroom mobil di Sunter, saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Valentino dikonfirmasi jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal bukti foto kopi NPWP atas nama Andika Apriyanto yang digunakan Rochmadi.

"Waktu itu kami enggak cek asli apa tidak. Kami tidak bertugas untuk memeriksa keaslian NPWP," kata Valentino di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Januari 2017.


Keterangan tersebut diperkuat oleh kesaksian Andrianto, sales di showroom yang sama. Menurut dia, saat pembelian mobil tersebut, pihaknya tidak mengecek identitas wajib pajak dan keaslian NPWP.

"Enggak ada pemeriksaan, yang datang ke sana atas nama Andika saja," ungkap Andrianto.

Ia menjelaskan saat itu Rochmadi memesan sebuah mobil Honda Odyssey warna putih seharga Rp721 juta. Saat itu, kata dia, pembelian mobil itu diwakili oleh orang suruhan Rochmadi dan Kepala Sub Auditorat III Auditorat Keuangan Negara BPK Ali Sadli. Mobil tersebut kemudian dikirim ke Ali Sadli.

Baca: Sekjen KONI Pinjamkan USD80 Ribu ke Auditor BPK

Dalam sidang sebelumnya, Rochmadi terungkap menggunakan KTP palsu untuk membeli mobil. Awalnya, Rochmadi memerintahkan Ali Sadli untuk membeli mobil. Ali kemudian memerintahkan bawahannya, Yudy Ayodya Baruna, untuk membeli mobil Honda Odyssey.

Kepada Yudy, Ali mengatakan, mobil tersebut sebenarnya dibeli oleh Rochmadi. Namun, pembelian mobil tersebut menggunakan nama Andika Apriyanto, bukan atas nama Rochmadi Saptogiri. Ali kemudian memberikan KTP atas nama Andika yang menggunakan foto wajah Rochmadi Saptogiri.





(OGI)