Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers virtual di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers virtual di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

KPK Yakin Berkas Djoko Tjandra Segera Dikirim

Nasional kpk Djoko Tjandra
Fachri Audhia Hafiez • 17 November 2020 20:27
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menerima salinan dokumen perkara Djoko Soegiarto Tjandra dari Bareskrim Polri dan Kejaksaan Agung. Lembaga Antikorupsi yakin dokumen itu segera dikirimkan.
 
"Mereka (Bareskrim Polri dan Kejaksaan Agung) kooperatif akan memberikan," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 17 November 2020.
 
Alex mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan kedua penegak hukum tersebut. Tetapi KPK tidak bisa memaksa untuk meminta berkas-berkas itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bareskrim Polri dan Kejaksaan Agung diyakini memahami subtansi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 102 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Supervisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Aturan tersebut telah mempertegas pengalihan kasus korupsi.
 
Baca:KPK Belum Menerima Salinan Berkas Perkara Djoko Tjandra
 
"Karena di dalam perpres pun itu sudah diatur bahwa KPK dalam melakukan supervisi itu boleh meminta dokumen-dokumen dan data," ucap Alex.
 
Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengungkapkan telah mengirimkan permintaan berkas salinan perkara tersebut pada 22 September 2020 dan 8 Oktober 2020. Namun, salinan berkas perkara dan berita acara pemeriksaan itu tak kunjung diberikan.
 
KPK kini tengah mempelajari dokumen yang diserahkan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terkait kasus Djoko Tjandra. Komisi Antirasuah masih menelaah untuk bisa membuka penyelidikan baru.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif