Gedung KPK. Foto: Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez.
Gedung KPK. Foto: Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez.

KPK Cari Unsur Pidana dalam Kasus Dugaan Korupsi Formula E

Candra Yuri Nuralam • 10 Februari 2022 07:48
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan terus mendalami penyelidikan dugaan rasuah dalam ajang balap Formula E di Jakarta. KPK tengah mencari peristiwa pidana dalam penyelenggaraan Formula E.
 
"Karena sekali lagi, penyelidikan itu masih mencari peristiwa pidananya. Ketika nanti sudah ada peristiwa pidananya berdasarkan bukti permulaan yang cukup, bisa ditingkatkan ke proses penyidikan," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Februari 2022.
 
Ali mengatakan saat ini pihaknya masih mencari bukti melalui dokumen dan pemeriksaan beberapa saksi untuk mencari peristiwa pidana dalam kasus ini. Saksi dan dokumen yang didapatkan KPK masih bersifat rahasia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tidak bisa mendetailkan apa materinya, siapa yang akan dan telah dipanggil di dalam proses penyelidikan ini," ujar Ali.
 
Masyarakat diminta bersabar. KPK berjanji bakal memberikan informasi ke publik jika kasus ini sudah naik ke tahap penyidikan.
 
"Nanti akan kami sampaikan perkembangannya apakah kemudian ditemukan ada yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum," ucap Ali.
 
Baca: Diperiksa KPK, Ketua DPRD DKI Bawa 1 Bundel Berkas Terkait Dugaan Korupsi Formula E
 
Sebelumnya, KPK memeriksa Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi terkait dugaan rasuah dalam ajang balap Formula E. Prasetyo mengaku dimintai keterangan soal penganggaran dari ajang balap mobil listrik itu.
 
"Menyampaikan hari ini seputaran permasalahan penganggaran daripada Formula E," kata Prasetyo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 8 Februari 2022.
 
Prasetyo mengatakan ada permintaan dana untuk penyelenggara Formula E sebelum aturan anggaran rampung. Dia juga menjelaskan hal itu ke penyelidik KPK.
 
Kasus ini baru masuk ke tahap penyelidikan. KPK belum menentukan tersangka dalam kasus ini.
 
KPK memastikan penyelidikan rasuah dalam ajang balap Formula E tidak sembarangan. Kasus itu dibuka karena KPK mengantongi bukti.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif