NEWSTICKER
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Foto: MI/M Irfan
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Foto: MI/M Irfan

Pengusutan Kasus Semanggi Tak Ada Batas Waktu

Nasional pelanggaran ham hak asasi manusia kasus ham
Nur Azizah • 24 Januari 2020 14:31
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menegaskan pengusutan dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat pada kasus Semanggi I dan II tak memiliki batas waktu. Pasalnya, penyelesaian kasus pelanggaran HAM ini tidak mudah.
 
"Enggak ada tenggat waktunya, kita lihat saja nanti. Kalau pakai tenggat waktu nanti susah karena ini kan agak rumit menyangkut soal pembuktian dan prosedur," kata Mahfud di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta Pusat, Jumat, 24 Januari 2020.
 
Mahfud menjelaskan Komnas HAM dan Kejaksaan Agung menggunakan aturan perundang-undangan yang berbeda untuk menyelesaikan kasus HAM. Komnas HAM memakai Undang-Undang Nomor 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM, sedangkan Kejagung menggunakan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mahfud mengatakan kedua lembaga itu memiliki alasan untuk menggunakan landasan hukum yang berbeda "Kalau dari Komnas HAM kan katanya berkas sudah lengkap. Dia juga siap dipertemukan dengan pihak Jaksa Agung," ujar dia.
 
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mengaku sudah memanggil pihak Kejaksaan Agung dan Komnas HAM untuk meminta penjelasan status Semanggi I dan II yang disebut bukan pelanggaran HAM berat. Mahfud menilai isu itu bergulir lantaran ada kesalahpahaman.
 
"Akan ada penyelesaian yudisial dan nonyudisial. Kemarin di DPR ada pertanyaan itu ya dijawab, lalu timbul sedikit kesalahpahaman. Makanya saya undang satu per satu ke sini," pungkas dia.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif