Gambar profil Bjorka di Breach Forums/Istimewa
Gambar profil Bjorka di Breach Forums/Istimewa

Hacker Bjorka Diduga Warga Asing

Siti Yona Hukmana • 22 September 2022 12:25

Jakarta: Sosok hacker yang mengatasnamakan Bjorka masih diburu. Pemilik akun Twitter yang mengeklaim telah meretas data-data terkait kependudukan Indonesia, termasuk surat menyurat milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan surat Badan Intelijen Negara (BIN) itu diduga warga negara asing (WNA). 

"Kemungkinan besar menurut saya WNA, dilihat dari pola sejak lama dan dia tidak hanya menjual data Indonesia saja," kata ahli digital forensik Indonesia, Ruby Alamsyah kepada Medcom.id, Kamis, 22 September 2022. 

Ruby menduga kuat sosok Bjorka murni pedagang data-data yang bocor. Bila melihat pola Bjorka yang sejak awal di forum lama raidforums dan breach forum

"Hanya, pola setelah dia mencoba jual data yang dia narasikan sebagai data pendaftaran sim card (1,3 miliar data) dan direspons sekarang kurang tepat oleh Kominfo, barulah polanya berubah, cenderung tidak murni lagi sebagai penjual data," ujar pelatih sekuriti teknologi informasi (TI) itu.

Sementara itu, Polri belum bisa memastikan kewarganegaraan Bjorka. Polri emoh berandai-andai. 

"Kita tidak bisa berandai-andai (WNI atau WNA)," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Selasa, 20 September 2022. 

Polri tidak boleh asal bicara. Dedi menekankan pihaknya menyampaikan informasi sesuai fakta hukum. 

"Kalau nanti sudah selesai (timsus bekerja) dan diberikan kepada saya (datanya) baru saya bisa sampaikan," ujar jenderal bintang dua itu.
 

Baca: Polisi Kesulitan Tangkap Bjorka, Pengamat: Salah Metode Investigasi

 

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membentuk tim khusus (timsus) mengusut sosok Bjorka. Timsus beranggotakan Polri, BIN, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Mahfud sempat menyebut telah mengidentifikasi sosok Bjorka. Identifikasi itu mencakup sosok dan lokasi Bjorka. Pemerintah dan Polri memiliki alat untuk melacak peretas data 1,3 miliar kartu layanan seluler (SIM) itu.

"Kita terus menyelidiki tapi belum bisa diumumkan (sosok dan lokasinya)," ujar Mahfud di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu, 14 September 2022.

Polri menangkap pemuda asal Madiun, Muhammad Agung Hidayatullah, 21 pada Rabu malam, 14 September 2022. Ternyata pemuda itu bukan Bjorka, melainkan orang yang membantu Bjorka menyebarkan data pribadi orang lain hanya untuk ketenaran dan uang.


 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif