Ilustrasi olah TKP/Medcom.id
Ilustrasi olah TKP/Medcom.id

Usut Penembakan Polisi, Tim Gabungan Fokus Olah TKP

Siti Yona Hukmana • 14 Juli 2022 06:54
Jakarta: Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto membeberkan langkah-langkah terbaru mengungkap kasus baku tembak anggota di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Langkah-langkah itu dilakukan tim gabungan yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 
 
"Kita sudah melakukan langkah-langkah yang pertama tentu melaksanakan pendalaman terhadap olah tempat kejadian perkara (TKP)," kata Agung di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Juli 2022. 
 
Kemudian, pendalaman terhadap hasil autopsi. Lalu, pendalaman terhadap saksi-saksi, dan menambah saksi untuk diperiksa terkait penembakan antarpolisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang dimungkinkan akan dilakukan pemeriksaan untuk melengkapi dalam koridor hukum seperti bapak Kapolri sampaikan," ujar jenderal bintang tiga itu. 
 
Agung menekankan tim gabungan lebih menekankan penyelidikan secara scientific crime investigation. Diyakini hasilnya objektif dan bisa terbuka bagi masyarakat.
 

Baca: Presiden Jokowi Tanggapi Adu Tembak Polisi


Apalagi, kata dia, tim gabungan juga melibatkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Pelibatan pengawas eksternal itu agar lebih transparan. 
 
"Bapak Kapolri juga menghubungi Kompolnas Bapak Benny yang tadi sudah ketemu dengan Bapak Kapolri dan dengan Komnas Ham, yaitu untuk apa, untuk menjamin langkah-langkah yang dilakukan oleh tim adalah transparan," ucap Agung. 
 
Tim itu dikomandoi Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dan diketuai Agung Budi Maryoto. Lalu, beranggotakan Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, serta Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Ahmad Dofiri. 
 
Tim juga melibatkan pihak internal lainnya seperti Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Wahyu Widada, Provost, dan Pengamanan Internal (Paminal).
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif