Anggota Komisi III DPR Taufik Basari (Tobas). Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Anggota Komisi III DPR Taufik Basari (Tobas). Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Legislator: Tuduhan KPK Dilemahkan Tak Terbukti

Fachri Audhia Hafiez • 29 Desember 2020 18:34
Jakarta: Anggota Komisi III DPR Taufik Basari menilai tuduhan masyarakat terkait pelemahan pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak terbukti. Hal ini dibuktikan dengan kinerja pencegahan dan penindakan selama 2020.
 
"Tahun 2020 ini adalah waktu di mana KPK harus bisa membuktikan bahwa dugaan-dugaan, tuduhan bahwa KPK dilemahkan, KPK tidak bekerja, KPK mati suri, dan sebagainya, itu keliru," kata Taufik dalam diskusi virtual bertajuk 'Catatan Akhir Tahun dan Menatap Hukum Masa Depan', Selasa, 29 Desember 2020.
 
KPK berhasil menangkap dua pejabat teras di penghujung 2020, yakni mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan mantan Menteri Sosial Juliari P Batubara. Taufik menilai fakta ini membuktikan kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) tak lenyap dari KPK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Firli Minta Maaf Pemberantasan Korupsi Belum Maksimal)
 
"Tidak seperti yang dikhawatirkan OTT seolah tidak bisa dilakukan lagi dan sebagainya. Tetapi (nyatanya) tetap dilakukan. Bahkan menyasar pada sampai pada menteri di kabinet," ujar Taufik.
 
Politikus NasDem ini mengatakan KPK yang dipimpin Firli Bahuri telah menjalankan tugas sebagai penegak hukum. Bahkan, kinerja penegakan hukum tidak tergerus pandemi covid-19.
 
Taufik mengakui ritme kerja komisioner KPK 2019-2023 berubah jika dibandingkan periode sebelumnya. KPK lebih mengedepankan pencegahan serta menjadikan penindakan sebagai bagian dari membangun sistem antikorupsi.
 
"Ternyata KPK berjalan seperti biasa saja tidak seperti yang dikhawatirkan banyak orang. Kasus demi kasus, pertentangan, meskipun tidak dengan hiruk pikuk, dalam senyap KPK ini saya lihat terus bekerja," ujar Taufik.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif