Ilustrasi surat izin mengemudi (SIM). Medcom.id/Ahmad Garuda
Ilustrasi surat izin mengemudi (SIM). Medcom.id/Ahmad Garuda

Koneksi Bermasalah, Aplikasi SIM Online Eror

Siti Yona Hukmana • 16 April 2021 12:47
Jakarta : Aplikasi perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) online yang bernama SIM Nasional Presisi (SINAR) mengalami kendala beberapa hari ini. Masyarakat banyak mengeluhkan tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut.
 
Kakorlantas Polri Irjen Istiono menyebut remote procedure call (RPC) dalam aplikasi SINAR mengalami kendala teknis. Dia menyebut RPC timeout dapat disebabkan banyak hal.
 
"Pertama, ada masalah jaringan antara client (aplikasi) ke server yang memberikan service," kata Istiono saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 16 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Urus SIM Bisa Online, Calo Bakal 'Gigit Jari'
 
Kemudian, RPC timeout disebabkan load server tinggi. Sehingga, terjadi bottlenecking atau kemacetan akibat pengiriman data sangat banyak. Ini dapat terjadi jika pengguna banyak yang mengajukan permohonan perpanjangan SIM.
 
"Kemarin dilakukan investigasi, proses mana yang terkena RPC. Insyaallah hari ini dapat diselesaikan," ujar jenderal bintang dua itu.
 
Aplikasi SINAR yang dapat diunduh dari Play Store untuk pengguna Android resmi diluncurkan pada Selasa, 13 April 2021. Masyarakat antusias menyambut pelayanan perpanjangan SIM online yang dapat di lakukan di mana saja itu.
 
Aplikasi SINAR dianggap memudahkan masyarakat dalam mengurus SIM. Tanpa harus mengantre atau kontak fisik dengan petugas, SIM dapat selesai dan siap diantar maupun dijemput sesuai keinginan.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif