Direktur Jenderal Penanganan Sengketa dan Konflik Tanah Kementerian ATR/BPN Raden Bagus Agus Widjayanto (kanan). Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Direktur Jenderal Penanganan Sengketa dan Konflik Tanah Kementerian ATR/BPN Raden Bagus Agus Widjayanto (kanan). Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Kementerian ATR/BPN Akan Gelar Praoperasi Kasus Mafia Tanah

Nasional polri kasus tanah sengketa tanah pertanahan kementerian agraria dan tata ruang
Siti Yona Hukmana • 03 Maret 2021 11:15
Jakarta: Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) akan menggelar praoperasi kasus mafia tanah. Kegiatan itu dilakukan bersama Satuan Tugas (Satgas) Mafia Tanah di kepolisian daerah (polda) seluruh Indonesia.
 
"Pada tahun ini kita terus melaksanakan kegiatan yang sama oleh satgas mafia tanah, yang nanti dalam waktu dekat kita akan melakukan gelar praoperasi (praops)," kata Direktur Jenderal Penanganan Sengketa dan Konflik Tanah Kementerian ATR/BPN Raden Bagus Agus Widjayanto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Maret 2021.
 
Agus mengatakan praoperasi ini bertujuan memperkuat dan meningkatkan efektivitas penanganan kasus-kasus mafia tanah. Sehingga, ada efek jera bagi seluruh pihak yang sengaja melakukan tindakan-tindakan melanggar undang-undang untuk kepentingan diri sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan polisi dalam pemberantasan mafia tanah sejak 2018. Ada 180 kasus mafia tanah yang telah ditangani bersama polisi.
 
Baca: Kapolda Metro-Kementerian ATR Kolaborasi Tuntaskan Kasus Mafia Tanah
 
Dari ratusan kasus itu, ada yang telah menjalani persidangan, berkas lengkap atau P21, serta penetapan tersangka. Satgas mafia tanah bersama Kementerian ATR/BPN akan terus memberantas sindikat mafia tanah.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif