82 Calon Hakim Agung Lolos Seleksi Administrasi

Dheri Agriesta 13 September 2018 14:51 WIB
mahkamah agungkomisi yudisial
82 Calon Hakim Agung Lolos Seleksi Administrasi
Pengadilan. Foto: MI/Susanto.
Jakarta: Sebanyak 87 calon hakim agung mengikuti proses seleksi yang diadakan Komisi Yudisial. Dari jumlah tersebut, sebanyak 82 orang lolos seleksi administrasi. 

"Jumlah pendaftar yang melengkapi pendaftaran secara online sebanyak 87 orang, sebanyak 82 orang dinyatakan lulus seleksi administrasi," kata Ketua bidang rekrutmen hakim KY Aidul Fitriciada Azhari di Gedung KY, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Kamis, 13 September 2018. 

Aidul merinci sebanyak 50 calon hakim agung berasal dari jalur karier. Sementara itu, 32 orang lain berasal dari nonkarier. "Jalur nonkarier akademisi ada 18 orang, pengacara 3 orang, notaris 1 orang, hakim adhoc 10 orang," jelas Aidul. 


Berdasarkan jenis kelamin, sebanyak 43 calon hakim laki-laki dan 7 perempuan berasal dari jalur karier. Pada jalur nonkarier, terdapat 26 laki-laki dan enam perempuan. 

Aidul menjelaskan 82 calon hakim agung ini akan mengisi beberapa lowongan di empat kamar. Sebanyak 15 calon memperebutkan satu posisi di kamar agama. 

Baca: KY Tindaklanjuti 48 Laporan Pelanggaran Hakim

Sebanyak 10 calon memperebutkan dua posisi di kamar militer. Untuk kamar perdata, ada 27 calon yang memperebutkan tiga posisi. 

"Kamar pidana 24 orang untuk kebutuhan satu orang. Kamar tata usaha negara enam orang, kebutuhan satu orang khusus hakim pajak," jelas Aidul.

Ia menambahkan 82 calon hakim agung tersebut akan mengikuti seleksi kualitas pada 19-20 September 2018. Seleksi akan digelar di Balitbang Diklat Kumdil MA di Bogor. 



(OGI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id