Presiden Joko Widodo. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
Presiden Joko Widodo. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

Jokowi Tak Ingin Keliru Pilih Dewan Pengawas KPK

Nasional kpk Dewan Pengawas KPK
Desi Angriani • 13 Desember 2019 17:40
Jakarta: Presiden Joko Widodo sangat berhati-hati mencari anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka mesti memiliki kredibilitas, integritas, dan rekam jejak yang baik.
 
"Jangan sampai kita keliru kemudian masyarakat ada yang tidak puas dan kemudian di-bully, kasihan," kata Jokowi di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019.
 
Jokowi mengungkapkan pemilihan anggota Dewan Pengawas dalam tahap finalisasi. Sosok pilihan Jokowi akan diperkenalkan ke masyarakat bertepatan pelantikan pimpinan KPK periode 2019-2023 pada 20 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Belum rampung, baru proses finalisasi," tutur dia.
 
Menteri Sekretariat Negara Pratikno enggan membocorkan nama-nama tersebut. Dia menyebut nama masih digodok.
 
Pemilihan Dewan Pengawas berbeda dengan pimpinan KPK yang sudah terpilih melalui proses seleksi hingga ke DPR. Lima nama yang bakal menempati posisi itu belum jelas.
 
Sejumlah nama beredar, di antaranya mantan anggota Panitia Seleksi Komisioner KPK Indriyanto Seno Adji, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Adi Toegarisman, dan Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Marcus Priyo Gunarto. Ada pula mantan Ketua KPK Taufiqurrachman Ruki dan mantan Menteri Kehakiman dan HAM Yusril Ihza Mahendra.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif