Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Polri Janji Tindak Anggota Pamer Kekayaan

Nasional polri
Juven Martua Sitompul • 21 November 2019 10:48
Jakarta: Polri berjanji menindak anggota Korps Bhayangkara yang pamer kekayaan di media sosial (medsos). Sanksi tegas pun menanti anggota Polri yang terbukti melanggar.
 
“Prinsipnya kalau ada yang melanggar dan terbukti dengan sengaja di media sosial,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis, 21 November 2019.
 
Iqbal belum tahu ada anggota yang diperiksa karena memamerkan kekayaannya. Jenderal bintang dua itu meminta publik tak langsung percyaa dengan sejumlah akun yang mengunggah foto anggota Polri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Karena media sosial itu bisa saja fake dan hoaks,” ujarnya.
 
Tim IT Polri akan dikerahkan begitu informasi tentang anggota Polri pamer di media sosial masuk. Investigasi dilakukan mencari kebenaran unggahan itu.
 
“Nanti tim IT melakukan investigasi penyelidikan, terus yang bersangkutan melanggar kita sidik,” pungkasnya.
 
Instruksi larangan anggota Polri pamer di media sosial teruang dalam Surat Telegram Nomor: ST/30/XI/HUM.3.4/2019/DIVPROPAM, 15 November 2019. Berikut isi surat telegram tersebut:
 
Sehubungan dengan ref tersebut di atas, disampaikan kepada KA bahwa Polri sebagai alat negara bertugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat harus mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih melalui penerapan pola hidup yang sederhana dengan tidak bergaya hidup mewah, menunjukkan hedonisme dalam kehidupan sehari-hari, baik di internal institusi Polri maupun kehidupan bermasyarakat.
 
Berkaitan dengan hal tersebut di atas, pegawai negeri pada Polri harus menyesuaikan kemampuan ekonomi sebagai cerminan sifat prihatin untuk mencegah terjadinya kesenjangan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, dalam rangka mewujudkan aparatur negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, agar memedomani pola hidup sederhana.
 
1. Tidak menunjukkan, memakai, memamerkan barang-barang mewah dalam kehidupan sehari-hari baik dalam interaksi sosial di kedinasan maupun di area publik.
 
2. Senantiasa menjaga diri, menempatkan diri pola hidup sederhana di lingkungan institusi Polri maupun kehidupan bermasyarakat.
 
3. Tidak mengunggah foto atau video pada medsos yang menunjukkan gaya hidup yang hedonis karena dapat menimbulkan kecemburuan sosial.
 
4. Menyesuaikan norma hukum, kepatutan, kepantasan, dengan kondisi lingkungan tempat tinggal.
 
5. Menggunakan atribut Polri yang sesuai dengan pembagian untuk penyamarataan.
 
6. Pimpinan kasatwil, perwira dapat memberikan contoh perilaku dan sikap yang baik, tidak memperlihatkan gaya hidup yang hedonis terutama Bhayangkari dan keluarga besar Polri.
 
7. Dikenakan sanksi yang tegas bagi anggota Polri yang melanggar.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif