Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy

KPK Lelang 2 Mobil Zumi Zola

Nasional lelang ott anggota dprd jambi
Kautsar Widya Prabowo • 05 April 2019 15:32
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan lelang sejumlah barang milik terpidana mantan Gubernur Jambi Zumi Zola. Jaksa Eksekusi KPK melakukan lelang bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jambi.
 
Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan lelang tersebut dilakukan setelah perkara tindak pidana korupsi dengan terdakwa Zumi Zola, mantan Gubernur Jambi berkekuatan hukum tetap. Dengan berlandaskan Putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dan Pengadilan Negri Jakarta Pusat nomor 72/Pid.Sus/TPK/2018/PN.Jkt.Pst tanggal 6 Desember 2018.
 
Adapun barang negara yang akan dilelang terdiri atas dua unit mobil tipe minibus. Yaitu satu unit mobil merek Suzuki APV STD Nomor Polisi B 1537 SIX warna silver dengan harga limit Rp31.855.000.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serta, satu unit mobil Suzuki APV STD Nomor Polisi B 1538 SIX warna silver dengan harga limit Rp.31.855.000. Barang-barang tersebut dilengkapi dengan BPKB dan STNK.
 
"Calon peserta lelang dapat melihat obyek yang akan dilelang pada Selasa,9 April 2019, pukul 10.00-12.00 WIB, di Rupbasan klas I Jambi, Kenali Asa Bawah, Kota Baru, Jambi," ujar Febri melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 5 April 2019.
 
Zumi dinyatakan telah terbukti secara sah dan meyakinkan menerima gratifikasi sebesar Rp44 miliar dan satu unit mobil Alphard.
 
Baca: Jejak Rakus Zumi Zola
 
Gratifikasi ini diterima Zumi dari Afif Firmansyah sebesar Rp34,6 miliar, Asrul Pandapotan Rp2,7 miliar, dan Arfan Rp3 miliar, USD30 ribu, serta SGD100 ribu. Sebagian dari gratifikasi yang diterimanya ini dipergunakan Zumi untuk melunasi utang-utang kampanye Pemilihan Gubernur Jambi.
 
Zumi juga dinilai telah mengalirkan uang tersebut untuk keperluan adiknya, Zumi Laza yang akan maju sebagai calon Wali Kota Jambi. Selain itu, Majelis Hakim menyatakan Zumi Zola bersalah telah menyuap anggota DPRD Jambi sebesar Rp16,34 miliar.
 
Uang tersebut untuk memuluskan ketok palu Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (Raperda APBD) Jambi tahun anggaran 2017-2018.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif