Lucas Pasrah Putusan Sela Tipikor
Advokat Lucas. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: Advokat Lucas akan menjalani sidang putusan sela di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat. Lucas sebelumnya telah mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan merintangi penyidikan KPK pada petinggi PT Paramount Enterprise International, Eddy Sindoro.
 
Ditemui sebelum persidangan, Lucas mengaku menerima setiap keputusan majelis hakim atas eksepsi yang telah dibacakannya pada Rabu, 14 November 2018.
 
"Kita berharap bahwa eksepsi kami dipertimbangkan dan diterima tetapi ya nanti tergantung majelis hakim. Apa pun yang diputus majelis hakim kami hormati," kata Lucas di lokasi, Kamis, 29 November 2018.
 
Lucas menganggap Pengadilan Tipikor tidak berwenang untuk menyidangkan perkara yang menjeratnya. Lucas dijerat dengan Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
 
"Saya sangat yakin karena saya bukan orang yang melakukan korupsi, bukan orang yang melakukan penyuapan, bukan orang yang disebut sebagai penyelenggara negara, saya kok diadili di Tipikor," ucap dia.

Baca: Lucas Sebut KPK Sewenang-wenang

Lucas menambahkan Pasal 21 yang menjeratnya berpotensi sebagai preseden buruk bagi penegakan hukum ke depan. "Ya, begitulah pandangan kami ya. Nanti saya diskusikan dengan penasehat hukum," ucap dia.
 
Eksepsi yang diajukan, lanjut Lucas, hanya bentuk pemenuhan hak-haknya sebagai terdakwa. Dia berharap bisa lepas dari perkara tersebut.
 
"Kami mengajukan eksepsi mengajukan nota pembelaan itu sifatnya kami mengajukan dengan keyakinan yang tinggi. Kami ajukan fakta-fakta yang sebenarnya. Tujuannya untuk mencapai keadilan," tutur Lucas.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id