Advokad Lucas menjalani sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Advokad Lucas menjalani sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Lucas Minta Jaksa Patuhi Ketetapan Hakim

Nasional suap di ma
Achmad Zulfikar Fazli • 24 Januari 2019 18:32
Jakarta: Terdakwa kasus perintangan penyidikan, Lucas kecewa Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada KPK yang menolak menjalankan keputusan Majelis Hakim terkait pengobatannya. Dia meminta JPU KPK mematuhi ketetapan majelis hakim.
 
"Jadi kan sudah ada resume medis pada RSPAD dan sudah meminta pasien untuk kembali terapi tulang terlihat penyakit yang di derita, sekarang dinilai oleh dokter internal KPK tidak ACC," kata penasihat hukum Lucas, Aldres Napitulu di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019.
 
Baca: Lucas Pertanyakan Keterangan Saksi soal Manifes Pesawat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan majelis hakim sudah menetapkan Lucas diperbolehkan berobat di RSPAD, pada Jumat, 28 Januari 2019 dan Sabtu, 29 Januari 2019. Majelis hakim mengambil ketetapan itu dalam sidang sebelumnya.
 
"Tugas penuntut umum itu adalah menjalankan dan melaksanakan putusan atau penetapan hakim. Sudah ada penetapan ya jalankan saja kalau memang tidak sependapat lakukan upaya hukum atas penetapan itu bukan berati dia tidak menjalankan," jelas dia.
 
JPU KPK sebelumnya menolak hasil pemeriksaan dokter RSPAD terhadap Lucas, karena tak mendapat persetujuan dari dokter KPK. Namun, pihak Lucas mempertanyakan spesialis dari dokter KPK tersebut.
 
"Jadi kemarin itu sudah ada penetapan untuk diberikan izin menghadap kepada dokter terhadap kondisi medis yang diderita tapi dinilai ulang oleh penuntut umum bukannya dilaksanakan. Padahal JPU tugasnya melaksanakan penetapan hakim," pungkas dia.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi