Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Polri Kaji Rencana Melibatkan Densus 88 Berantas KKB Papua

Nasional polri Papua Penegakan Hukum densus 88 kelompok bersenjata di papua
Kautsar Widya Prabowo • 03 Mei 2021 17:10
Jakarta: Pemerintah telah menetapkan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sebagai teroris. Rencana pelibatan pasukan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror dimatangkan.
 
"Masih dikaji oleh staf operasi Polri, yang jelas TNI-Polri telah ada di Papua," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono di Gedung Humas Polri, Jakarta, Senin, 3 Mei 2021.
 
Menurut dia, pelibatan Densus 88 dimungkinkan karena KKB Papua telah dilabeli sebagai kelompok teroris. Hal itu sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Densus 88 Dipastikan Turun ke Papua Usai KKB Dilabeli Teroris
 
"Kalau memang sudah digolongkan dalam kelompok terorisme, tentunya (penindakan hukum terhadap kelompok bersenjata) menggunakan undang-undang itu," ujar Rusdi.
 
Dia menyebut pelabelan teroris terhadap KKB sudah dikaji secara mendalam oleh Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam). Meski kondisi di Papua memanas, Polri menegaskan tidak menambah personel.
 
Rusdi merahasiakan alasan terkait hal itu. "(Jumlah personel) itu rahasia perusahaan, Ada hal-hal yang perlu diketahui ada juga kita apa tidak diberitahu karena itu menyangkut teknis," kata dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif