Ilustrasi Gedung KPK. Medcom/Fachrie Audhia Hafiez
Ilustrasi Gedung KPK. Medcom/Fachrie Audhia Hafiez

KPK Pelajari Putusan MA Soal Kasus Rotasi Jabatan Pegawai

Nasional kpk
Candra Yuri Nuralam • 26 Maret 2020 19:48
Jakarta: Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi terkait kasus gugatan rotasi jabatan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2018. Pimpinan KPK bakal segera mempelajari putusan tersebut.
 
"Tentu saja nanti putusan tersebut perlu kami pelajari terlebih dahulu," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Ali mengatakan KPK belum menerima salinan putusan. Ali memastikan Lembaga Antirasuah menerima apa pun keputusan peradilan. Terlebih, bila kasus tersebut berkekuatan hukum tetap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Prinsipnya sebagai lembaga penegak hukum, KPK pasti akan melaksanakan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap tersebut," ujar Ali.
 
KPK juga tidak ingin permasalahan ini berlarut. Sejak awal, kata dia, pimpinan KPK menghormati hak-hak pegawai. "Kami sudah menyerahkan sepenuhnya pada mekanisme di peradilan," tutur Ali.
 
Kasus ini bermula ketika pimpinan KPK merotasi beberapa pegawai pada Agustus 2018. Rotasi itu membuat beberapa pegawai keberatan dan menggugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) pada 11 Maret 2019. Namun, gugatan itu ditolak.
 
Beberapa pegawai yang tidak terima hasilnya kembali menggugat ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) pada Agustus 2019. PT TUN mengabulkan gugatan pegawai.
 
KPK mengajukan kasasi dari hasil gugatan itu. Namun, MA menolak kasasi KPK dengan nomor putusan 160/B/2019/PT.TUN.JKT dengan pemohon Pimpinan KPK dan termohon Sijanarko dan kawan-kawan tertanggal 10 Maret 2020.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif