Jaksa Agung M. Prasetyo (tengah) dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompeks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (16/7). Foto: MI/Susanto.
Jaksa Agung M. Prasetyo (tengah) dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompeks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (16/7). Foto: MI/Susanto.

Jaksa Agung Beberkan Kasus Yayasan Supersemar pada Komisi III

Nasional supersemar
Ilham wibowo • 16 Juli 2018 13:02
Jakarta: Jaksa Agung HM Prasetyo bakal membeberkan kelanjutan kasus Yayasan Supersemar kepada Komisi III DPR RI. Pembeberan kasus itu dilakukan Prasetyo dalam rapat kerja bersama antara Komisi III DPR dengan Kejaksaan Agung hari ini.
 
"Mereka (Komisi III) tentu minta informasi tentang progress penanganan perkara-perkara dan masyarakat," ujar Prasetyo di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin, 16 Juli 2018.
 
Baca juga: Kejaksaan Incar Aset Yayasan Supersemar

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Prasetyo, Yayasan Supersemar wajib mengembalikan duit negara sebanyak Rp4 triliun sesuai putusan Mahkamah Agung (MA). Hingga saat ini, yayasan yang dibentuk Presiden ke-2 RI Soeharto itu baru mengembalikan sekitar Rp300 miliar.
 
"Memang Supersemar itu sendiri sebagian sudah berhasil kita dapatkan hasil dari kewajiban Supersemar untuk membayar sejumlah uang kepada negara. Jumlahnya sampai saat ini sekitar Rp300-an miliar yang kita dapatkan dari Rp4 trilliun yang harusnya masuk," ucapnya.
 
Sebelumnya, Prasetyo meminta pengadilan untuk segara mengeksekusi aset Yayasan Supersemar untuk mengganti kerugian negara. Sebab, pengumpulan duit untuk mengembalikan kerugian negara tak bisa dilakukan seketika.
 
Baca juga: Peneliti: Dampak Supersemar Masih Terasa Hingga Sekarang
 
Prasetyo juga membantah Kejaksaan Agung telah melakukan pembekuan terhadap penerima beasiswa Yayasan Supersemar.
 
"Kami tidak membekukan penerima Supersemar tapi kami meminta Pengadilan Negeri Jakarta Selatan segera melaksanakan atau mengeksekusi putusan perdata yang sudah memiliki kekuatan hukum," pungkasnya.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif