Dokter Tirta hadir sebagai saksi di PN Jakpus dalam kasus dugaan pengancaman dengan kekerasan, I Gede Ari Astina alias Jerinx. Foto: Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez.
Dokter Tirta hadir sebagai saksi di PN Jakpus dalam kasus dugaan pengancaman dengan kekerasan, I Gede Ari Astina alias Jerinx. Foto: Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez.

Dokter Tirta Jadi Saksi Meringankan di Persidangan Jerinx

Fachri Audhia Hafiez • 09 Februari 2022 14:38
Jakarta: Tirta Mandira Hudhi atau dikenal dengan dokter Tirta hadir menjadi saksi meringankan untuk terdakwa kasus dugaan pengancaman dengan kekerasan, I Gede Ari Astina alias Jerinx. Dia tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) bersama dengan sejumlah koleganya.
 
Pantauan Medcom.id, Tirta menggunakan pakaian kemeja panjang berwarna putih dan celana panjang hitam. Lengkap dengan masker berwarna merah.
 
"Tidak ada persiapan apa-apa (untuk menjadi saksi di persidangan)," kata Tirta saat tiba di PN Jakpus, Rabu, 9 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia tak berbicara banyak ketika dikonfirmasi dengan pertanyaan lain. Tirta langsung disambut oleh penasihat hukum Jerinx, Sugeng Teguh Santoso, di ruang sidang.
 
Selang 10 menit, Jerinx tiba di ruang persidangan. Dia langsung duduk di kursi terdakwa. "Iya dokter Tirta sudah hadir," ucap Jerinx.
 
Kehadiran Tirta dinilai penting bagi Jerinx. Khususnya, guna membuktikan tuduhan pelapor Jerinx, Adam Deni.
 
Baca: Adam Deni Ditangkap, Jerinx Ultimatum Dokter Tirta
 
Tirta juga pernah berseteru dengan Adam di media sosial. Namun, Tirta menegaskan konfliknya dengan Adam Deni sudah selesai.
 
Perkara Jerinx berawal dari pertanyaan Adam Deni terkait sejumlah selebritas menerima endorse covid-19. Dalam hal ini, beberapa nama public figure Tanah Air diyakini Jerinx telah dibayar untuk mengaku positif covid-19 dan menakut-nakuti masyarakat.
 
Adam Deni meminta Jerinx membuktikan pernyataan tersebut dengan data atau bukti transaksi, bukan sekadar informasi bohong alias hoaks. Kemudian, ia diancam oleh Jerinx melalui sambungan telepon, dengan ungkapan kasar berupa penghinaan.
 
Bahkan, Jerinx ingin menginjak kepala Adam Deni di trotoar. Tak lama setelah itu, akun Instagram Jerinx hilang dan nama Adam Deni dituduh sebagai dalangnya.
 
Adam Deni mengungkapkan tudingan Jerinx ke publik, lalu istri Jerinx, Nora Alexandra, menyampaikan permohonan maaf atas perilaku Jerinx. Namun, jalan tengah yang diharapkan Adam Deni tak dipenuhi Jerinx, hingga akhirnya Adam Deni mengambil langkah hukum.
 
Jerinx didakwa melanggar Pasal 29 juncto Pasal 45B Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Dia juga didakwa melanggar Pasal 27 ayat (4) juncto Pasal 45 ayat (4) UU ITE.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif