Pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

KPK Izinkan Dokter Pribadi Lukas Enembe Menemani Jika Periksa Kesehatan di Jakarta

Candra Yuri Nuralam • 29 September 2022 14:16
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memberikan izin agar Gubernur Papua Lukas Enembe bisa berobat ke luar negeri asalkan diperiksa dulu oleh tim dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Jakarta. Dokter pribadi Lukas diizinkan ikut mendampingi jika mau.
 
"Bila dokter pribadi tersangka ikut dalam tim juga kami persilakan," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis, 29 September 2022.
 
Ali mengatakan pihaknya butuh memastikan penyakit Lukas cuma bisa diobati di luar negeri dengan bantuan tim dokter dari IDI. Lembaga Antikorupsi tidak akan menghalangi Lukas jika dia benar-benar membutuhkan bantuan medis di luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk objektivitas kami lakukan assessment langsung oleh tim dokter independen dari PB (Pengurus Besar) IDI," ucap Ali.
 
Sebelumnya, KPK mengaku bingung Lukas Enembe berkoar-koar meminta izin berobat ke luar negeri. Padahal, Lembaga Antikorupsi sudah membuka pintu kepada Lukas agar kesehatannya diperiksa sebelum diizinkan berobat ke luar negeri.
 
"LE (Lukas Enembe) cukup datang penuhi panggilan dan berikan keterangan di hadapan penyidik kami, termasuk menunjukkan kondisinya yang jika benar sakitnya hanya dapat berobat ke luar negeri," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pamolango di Jakarta, Rabu, 28 September 2022.
 
Nawawi mengatakan pihaknya pasti memberikan izin jika penyakit Lukas hanya bisa disembuhkan dokter di luar negeri. Namun, sebelum pergi ke luar negeri, Lukas harus memberikan bukti ke penyidik dan tim medis KPK.
 

Baca: Demokrat Siapkan Bantuan Hukum untuk Lukas, Gimana Kalian Setuju Gak?


Juru bicara Gubernur Papua Lukas Enembe, M Rifai Danus, mengeklaim atasannya benar-benar keadaan sakit. Lukas disebut sudah melakukan banyak operasi dalam setahun terakhir.
 
"Dalam perjalanan ini kan, sakit kemudian sembuh, sakit sembuh, setahun terakhir setelah beliau melakukan operasi, tiga operasi besar," kata Rifai di Kantor Perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua di Jakarta, Senin, 26 September 2022.
 
Rifai mengatakan Lukas sudah melakukan operasi jantung, pankreas, dan mata. Lukas kini sibuk berobat di Singapura usai melakukan tiga operasi.
 
Rifai mengatakan Lukas biasanya bergegas ke Singapura jika merasakan sakit. Menurut dia, cuma dokter di Singapura yang bisa menangani Lukas.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif