Ilustrasi persidangan di TIpikor. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Ilustrasi persidangan di TIpikor. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

4 Saksi Kunci Dihadirkan di Sidang Juliari

Nasional KPK Kasus Suap kasus korupsi Korupsi Bansos Covid-19 Juliari P Batubara
Candra Yuri Nuralam • 07 Juni 2021 09:47
Jakarta: Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat kembali menggelar sidang dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) covid-19 di Kementerian Sosial (Kemensos). Sebanyak empat saksi kunci akan bersaksi untuk terdakwa mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.
 
Kempat saksi itu yakni pejabat pembuat komitmen (PPK) Kemensos Matheus Joko Santoso dan empat pengusaha, yakni Agustri Yogasmara, Dino Aprilio, Raka Iman Topan, serta Riski Riswandi.
 
Dalam kasus ini, Juliari kukuh tak menerima sepeser pun. Juliari mengeklaim uang suap dalam pemufakatan jahat itu masuk ke kantong Matheus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu saksi dari pihak swasta Handy Rezangka mengaku menyerahkan uang Rp800 juta kepada Matheus. Duit diberikan agar PT Tigapilar Agro Utama bisa mendapatkan kuota bansos.
 
(Baca: Saksi Ungkap Jatah Rp30 Ribu per Paket Bansos untuk Pejabat Kemensos)
 
"Saya bilang Pak Joko mau menghadap dari Tiga Pilar. Saya diarahin ke ruangannya lantai 3. Akhirnya ketemu, uang itu diserahkan di tas ransel total Rp800 juta kata Lia (Nuzulia Hamzah)," ujar Handhy dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat, Rabu, 2 Juni 2021.
 
Aliran dana ke Juliari juga dibantah oleh penyuap sekaligus terpidana dalam kasus bansos Harry Van Sidabukke. Harry menyebut uang diberikan untuk Matheus.
 
"Tidak diteruskan untuk Mensos (Juliari Peter Batubara). Seperti sudah saya jelaskan, permintaan itu memang dari Pak Joko tidak ada dari Pak Juliari," ujar Harry.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif