Ilustrasi persidangan. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi persidangan. Medcom.id/M Rizal

Anak Buah Nurhadi Didakwa Merintangi Penyidikan Korupsi

Nasional KPK Kasus Suap Suap di MA
Candra Yuri Nuralam • 03 Juni 2021 12:54
Jakarta: Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat menggelar sidang perdana kasus dugaan merintangi proses penyidikan dugaan rasuah di Mahkamah Agung (MA). Anak buah Nurhadi, Ferdy Yuman, didakwa sengaja mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung penyidikan kasus.
 
"Terdakwa mencari dan menyewakan rumah sebagai tempat (mantan Sekretaris Mahkamah Agung) Nurhadi dan Rezky Herbiyono (menantu Nurhadi) untuk menghindari pemeriksaan atau tindakan hukum lainnya," kata jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wawan Yunarwanto di PN Tipikor Jakarta Pusat, Kamis, 3 Juni 2021.
 
Jaksa menilai Ferdy sudah mengetahui Nurhadi dan Rezky berstatus buronan KPK. Namun, Ferdy malah mencarikan tempat tinggal untuk kedua orang itu agar bisa menghindar dari kejaran KPK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setidaknya ada dua lokasi persembunyian Nurhadi yang diurus Ferdy. Dua lokasi itu yakni Apartemen The Residences di bilangan Darmawangsa, Jakarta Selatan, dan rumah tinggal di Jalan Simprug Golf 17, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
 
Nurhadi dan Rezky bersembunyi selama tiga bulan di apartemen. Jaksa tidak memerinci biaya sewa di apartemen mewah itu.
 
Baca: KPK: Vonis Nurhadi Belum Memenuhi Rasa Keadilan
 
Sementara itu, rumah tinggal di Jalan Simprug Golf 17 disewa Rp360 juta per tahun dengan pemberian uang jaminan Rp70 juta dan biaya komisi agen pemasaran Rp60 juta. Rumah dibayar Nurhadi dan Rezky melalui Ferdy.
 
Jaksa juga menyebut Ferdy diminta untuk tinggal bersama di dua lokasi itu. Permintaan itu agar Ferdy bisa disuruh-suruh untuk memenuhi kebutuhan Nurhadi dan Rezky selama pelarian.
 
Ferdy didakwa melanggar Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif