Polisi menjaga demo. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Polisi menjaga demo. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Polisi Diinterogasi Komnas HAM Pekan Depan

Nasional Demo Massa Penolak Pemilu
Siti Yona Hukmana • 11 Juli 2019 08:21
Jakarta: Sejumlah polisi diminta datang ke Gedung Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM), Jakarta Pusat, untuk menerangkan peristiwa kerusuhan 21-22 Mei 2019. Keterangan dari semua pihak diperlukan, termasuk polisi.
 
"Kita jadwalkan pekan depan ya," kata Komisioner Bidang Penyelidikan dan Pemantauan Komnas HAM Amiruddin Al Rahab kepada Medcom.id, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Namun, Amiruddin belum bisa memastikan hari pemeriksaan dilakukan. Ia akan menunggu kesiapan dari Polda Metro Jaya. Ketika diminta sebutkan sosok dan jumlah polisi yang akan dimintai keterangan, Amiruddin juga emoh membeberkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mempersilakan media untuk melihat sendiri siapa saja yang hadir di Komnas HAM pekan depan. "Nanti lihat saja dari yang hadir minggu depan itu," tutur Amiruddin.
 
Sebelumnya, Amiruddin bersama Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menemui Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di Mapolda Metro Jaya. Ia meminta izin untuk memeriksa sejumlah anggota Korps Bhayangkara itu.
 
"Kami menyampaikan beberapa nama yang akan kami undang ke Komnas untuk dimintai keterangan yaitu dari bapak anggota polisi di lapangan," ujar Amiruddin, Selasa, 9 Juli 2019.
 
Menurut Amiruddin, permintaan Komnas HAM diterima oleh Gatot Eddy. Gatot tak mempermasalahkan anggotanya diperiksa. "Kapolda tadi mengatakan akan menyiapkan itu semua," aku Amiruddin.
 
Baca: Komnas HAM Minta Restu Periksa Polisi
 
Kerusuhan saat demontrasi penolakan hasil pemilihan presiden (pilpres) yang terjadi pada Selasa, 22, dan Rabu, 23 Mei 2019, itu mengakibatkan sembilan orang meninggal dunia. Kematian masyarakat sipil itu hingga kini belum jelas.
 
Kerusuhan juga menyebabkan perusakan terhadap Asrama Brigade Mobil (Brimob) di Petamburan, Jakarta Barat. Massa membakar mobil kepolisian, penyanderaan mobil pemadam kebakaran, dan lain-lainnya.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif