Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)

Polri Antisipasi Sweeping Saat Malam Pergantian Tahun

Nasional tahun baru perayaan tahun baru
Lukman Diah Sari • 31 Desember 2018 11:19
Jakarta: Polri mengantisipasi adanya sweeping saat malam pergantian tahun baru. Polri khawatir ada golongan tertentu yang memanfaatkan surat edaran gubernur untuk melakukan aksi provokatif.
 
"Jangan sampai surat edaran tersebut dimanfaatkan golongan tertentu untuk melakukan sweeping, aksi provokatif," kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta, Senin, 31 Desember 2018.
 
Sejumlah gubernur mengeluarkan surat edaran berupa imbauan kepada masyarakat. Isinya berharap masyarakat tidak merayakan pergantian tahun baru secara berlebihan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dedi melanjutkan hari ini umat Kristiani pun masih menjalankan kegiatan keagamaan. "Itu juga menjadi fokus pengamanan aparat keamanan," ucapnya.
 
Kemudian, kata Dedi, ada 1.904 tempat di seluruh Indonesia yang menjadi tempat pesta malam pergantian tahun. Sedangkan untuk tempat wisata, kata Dedi, bakal ramai setelah malam pergantian tahun yakni 1 Januari 2019.
 
"Tanggal 1-nya itu tempat wisata akan dijadikan sasaran masyarakat untuk menghabiskan waktu liburannya. Itu juga aparat kepolisian fokus amankan di objek wisata," kata dia.
 
Baca: 16 Ruas Jalan di DKI Ditutup saat Malam Tahun Baru
 
Termasuk, seluruh bandara, pelabuhan, dan terminal menjadi fokus pengamanan. Pihaknya mengimbau agar masyarakat tak berlebihan saat merayakan malam pergantian tahun.
 
"Yang terpenting, merefleksikan diri. Kemudian jangan terlalu bawa barang berharga berlebihan ke tempat-tempat keramaian. Kemudian untuk rumah yang ditinggalkan sedapatnya dikoordinasikan dengan aparat keamanan setempat," kata dia.
 
Dia mengatakan Polri-TNI dan stakeholder terkait menjamin keamanan seluruh Indonesia. Pihaknya, kata dia, akan menciptakan situasi kondusif saat malam pergantian tahun, hingga pada liburan tahun baru, yakni 1 Januari 2019.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif