Perkara Lucas Dilanjutkan
Terdakwa Lucas - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Majelis hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, menolak seluruh eksepsi atau nota keberatan advokat Lucas. Dengan demikian, pengadilan akan melanjutkan perkara yang menjerat Lucas.

"Mengadili, menyatakan keberatan atau eksepsi penasihat hukum terdakwa dan keberatan eksepsi terdakwa Lucas tidak dapat diterima," kata Ketua Majelis Hakim Frangki Tambuwun di lokasi, Kamis, 29 November 2018.

Hakim Frangki mengatakan, surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) sebagai dasar pemeriksaan terhadap Lucas telah sah. JPU KPK diperintahkan melanjutkan perkara dengan menghadirkan saksi-saksi.


Lucas sebelumnya didakwa merintangi penyidikan KPK dalam kasus yang menjerat petinggi PT Paramount Enterprise International Eddy Sindoro. Lucas menyarankan Eddy yang telah berstatus tersangka tidak kembali ke Indonesia agar terhindar dari pemeriksaan lembaga antirasuah.

Lucas didakwa melanggar Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

(Baca juga: KPK tak Ambil Pusing dengan Eksepsi Lucas)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id