Mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman. MI
Mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman. MI

Pengadilan Munarman: Ngotot Sidang Offline Hingga Bawa-bawa Rizieq Shihab

Nasional terorisme Teroris isis FPI Rizieq Shihab Muhammad Rizieq Shihab Munarman Ditangkap
Fachri Audhia Hafiez • 01 Desember 2021 12:13
Jakarta: Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur resmi menunda pembacaan surat dakwaan kasus dugaan keterlibatan mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman dalam pembaiatan terorisme. Penundaan terkait sejumlah permintaan dari kubu Munarman.
 
Persidangan yang digelar sekitar pukul 09.30 WIB itu sejak awal diwarnai interupsi dari kubu Munarman. Salah satunya permintaan berita acara pemeriksaan (BAP) saksi-saksi saat diperiksa di penyidikan.
 
"Sebagaimana tadi disampaikan oleh salah seorang penasihat hukum saya bahwa berkas perkara itu hanya mendapatkan surat dakwaan dan berita acara saya sendiri," ujar Munarman melalui sambungan video saat persidangan di PN Jakarta Timur, Rabu, 1 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Munarman meminta seluruh berkas administrasi menyangkut saksi dan ahli saat penyidikan diberikan. Menurut Munarman, hal itu menjadi haknya untuk pembelaan.
 
"Sementara dalam KUHAP, kita sama-sama tahu, pasal tak disebutkan lagi, bahwa saya ini selaku terdakwa untuk kepentingan pembelaan berhak mendapatkan seluruh pada saat penuntutan dan persidangan," ujar Munarman.
 
Munarman juga menyinggung mengenai surat panggilan sidang yang dinilai tidak sesuai prosedur dalam KUHAP. Dia mengaku menerima panggilan sidang satu hari sebelum jadwal persidangan.
 
"Dalam KUHAP itu tiga hari sebelumnya dan sudah harus diketahui oleh terdakwa. Jadi saya dalam hal ini sangat keberatan," ucap Munarman.
 
Berikutnya, Munarman mempermasalahkan penetapan sidang yang tidak sesuai. Dia mengeklaim penetapan sidang awalnya digelar offline.
 
Artinya, seluruh perangkat sidang hadir secara tatap muka termasuk terdakwa. Namun, ruang sidang hanya diisi perangkat sidang, seperti majelis hakim, jaksa penuntut umum, dan kuasa hukum Munarman. Sedangkan, Munarman dihadirkan daring dari rumah tahanan (rutan).
 
"Penetapan saya baca ini penetapannya penetapan offline, sidang normal artinya. Kalau kita menggunakan yang online maka harus ada pernyataan secara eksplisit," kata Munarman.
 
Dia mencontohkan penetapan sidang daring oleh PN Jakarta Timur ketika mengadili kasus pentolan FPI Rizieq Shihab. Persidangan digelar elektronik didukung dengan penetapan dari pengadilan.
 
"Ini sebagai salah satu contoh dalam penetapan sama PN Jakarta Timur Nomor 221, yaitu menetapkan persidangan atas nama terdakwa Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab alias Habib Muhammad Rizieq yang dilaksanakan di PN Jakarta Timur dilakukan secara elektronik, ditegaskan disini (di penetapan)," ujar Munarman.
 
Kuasa hukum Munarman, Aziz Yanuar, mengeklaim seluruh keberatan yang disampaikan telah didengar hakim. Termasuk, penggunaan alat komunikasi yang sempat dipermasalahkan kuasa hukum Munarman.
 
Salah satu jaksa kedapatan menggunakan ponsel di ruang sidang. Kubu Munarman menilai jaksa mestinya menghormati asas equality before the law dengan tidak menggunakan ponsel ketika sidang digelar.
 
"Alhamdulillah itu diakomodir oleh pihak majelis hakim. Kedua keberatan mengenai penetapan sidang, harusnya offline. Alhamdulillah juga dikabulkan dan didengar oleh majelis hakim. Terakhir perihal mengenai equality before the law, soal alat komunikasi," ucap Aziz usai persidangan.
 
Sidang Munarman akan dilanjutkan pada Rabu, 8 Desember 2021. Agenda masih dengan pembacaan surat dakwaan.
 
Pantauan Medcom.id, persidangan dengan agenda pembacaan dakwaan hari ini digelar terbatas. Awak media tidak diperbolehkan masuk ke ruang sidang. Persidangan hanya bisa dipantau melalui pengeras suara yang disediakan pihak pengadilan.
 
Baca: Minta Digelar Offline, Sidang Munarman Ditunda
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif