Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Jokowi Kembali Tegaskan Komitmen Penuntasan Kasus HAM Berat

Dhika Kusuma Winata • 10 Desember 2021 11:48
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan komitmen pemerintah menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat. Presiden menjamin penuntasan kasus HAM berat dilakukan dengan prinsip keadilan bagi korban dan terduga pelaku.
 
"Pemerintah berkomitmen untuk menegakkan, menuntaskan, dan menyelesaikan pelanggaran HAM berat dengan prinsip-prinsip keadilan bagi korban dan prinsip keadilan bagi yang diduga menjadi pelaku HAM berat," ucap Jokowi dalam peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia 2021 di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 10 Desember 2021. (10/12).
 
Instrumen penyelesaian kasus ham melalui mekanisme yudisial diatur dalam UU Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM. Setelah adanya undang-undang tersebut, ujar Presiden, pemerintah melalui Jaksa Agung mengambil langkah-langkah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi menyampaikan langkah konkret sudah dilakukan Kejaksaan Agung yang membuka penyidikan untuk kasus Paniai 2014. Penyidikan itu menjadi tindak lanjut dari penyelidikan Komisi Nasional (Komnas) HAM.
 
Baca: Indonesia Hidupkan Kembali Review HAM di ASEAN
 
"Kejaksaan tetap melakukan penyidikan umum untuk menjamin terwujudnya prinsip-prinsip keadilan dan penegakan hukum," kata dia.
 
Selain penyelesaian kasus, Presiden juga menegaskan jaminan hak-hak sipil, politik, dan hukum mesti menjadi perhatian bersama. Kepala Negara menegaskan semua warga negara punya hak yang setara dalam politik dan hukum.
 
"Semua warga negara berhak mendapat perlindungan yang sama dari negara tanpa membeda bedakan suku agama gender atau pun ras. Semua warga negara berhak mendapatkan pelayanan yang dari negara dan berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak," kata Kepala Negara.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif