Ilustrasi hukuman. Medcom.id
Ilustrasi hukuman. Medcom.id

Perbuatan Heru Hidayat Dinilai Tak Masuk Kategori Hukuman Mati

Candra Yuri Nuralam • 16 Januari 2022 15:06
Jakarta: Perbuatan terdakwa kasus korupsi di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI) Heru Hidayat dinilai tak masuk kategori untuk dihukum mati. Koruptor yang masuk kategori bisa dihukum mati telah diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 1 Tahun 2020.
 
"Kalau hukuman mati dalam kasus ASABRI ini, tidak masuk (tidak bisa diterapkan) jika hakim merujuk betul pada Perma Nomor 1 Tahun 2020," ujar Direktur Indonesia Judicial Research Society (IJRS) Dio Ashar Wicaksana saat dikonfirmasi, Minggu, 16 Januari 2022.
 
Regulasi MA itu mengatur pedoman hukuman mati dalam Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. Perma mengatur syarat khusus hukuman mati, seperti melakukan korupsi dana terkait bencana nasional, rasuah saat krisis moneter, dan pengulangan tindak pidana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau kasus ASABRI kan tidak masuk dalam kondisi tertentu itu. Jadi, secara undang-undang juga tidak tepat (dijatuhi hukuman mati)," kata Dio.
 
Selain itu, dia melihat hukuman mati tidak relevan secara prinsip hukum, karena tidak berdampak mengurangi angka kriminal. Hukuman mati dinilai tidak memberikan efek jera kapada pelaku tindak pidana korupsi.
 
“Seharusnya yang paling penting menurut saya, kejar asetnya atau bagaimana kerugian negara yang terjadi akibat perbuatan itu bisa kembali ke negara lagi,” kata Dio.
 
Tuntutan hukuman mati JPU terhadap Heru Hidayat juga dikritik LSM pegiat antikorupsi dan HAM seperti Indonesia Corruption Watch (ICW). Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menilai hukuman mati bukan jenis pemidanaan yang ideal bagi pelaku korupsi.
 
“Bagi ICW, hukuman ideal bagi pelaku korupsi adalah kombinasi antara pemenjaraan badan dengan perampasan aset hasil kejahatan atau sederhananya dapat diartikan pemiskinan. Sayangnya, dua jenis hukuman itu masih gagal diterapkan maksimal," ujar Kurnia, Rabu, 12 Desember 2021.
 
Baca: Hakim Tipikor Diprediksi Menjatuhkan Vonis Blanko ke Heru Hidayat
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif