Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dok. Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dok. Setpres

Presiden: Kemitraan Strategis KY-MA Kunci Menjaga Muruah Hakim

Antara • 09 Maret 2022 10:59
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kemitraan strategis antara Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA) merupakan kunci menjaga muruah hakim. Kemitraan strategis juga mampu memutus ruang gerak mafia peradilan.
 
“Kemitraan strategis antara Komisi Yudisial dan Mahkamah Agung adalah kunci terjaganya muruah para hakim dalam memutus perkara, agar kita mampu membatasi dan memutus ruang gerak mafia peradilan dan mafia-mafia lain yang selama ini merusak kepercayaan terhadap para hakim dan institusi peradilan dan melukai rasa keadilan masyarakat,” kata Presiden saat menghadiri Laporan Tahunan Komisi Yudisial Tahun 2021 secara virtual dari Istana Negara di Jakarta, Rabu, 9 Maret 2022.
 
Presiden mengapresiasi KY dan MA yang membentuk tim penghubung guna menjembatani komunikasi antara kedua lembaga. Khususnya, dalam mencari solusi ketika timbul perbedaan pendapat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Termasuk untuk melakukan pemeriksaan bersama atas laporan dari masyarakat dan pencari keadilan,” ujar Presiden.
 
Kepala Negara mengingatkan keberhasilan meningkatkan integritas hakim dan menjaga kehormatan institusi peradilan sangat penting untuk memperbaiki tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
“Serta memberikan kontribusi yang nyata untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata dia.
 
Baca: Presiden: KY Harus Perbaiki Rekrutmen Hakim
 
Presiden ke-7 RI itu mengatakan peran KY dalam reformasi peradilan sangat penting. Di antaranya, memperkuat keadilan negara dalam mereformasi sistem serta penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.
 
“Komisi Yudisial harus mampu melakukan fungsi pengawasan eksternal yang independen sehingga kekuasaan kehakiman yang merdeka dapat berjalan selaras dengan akuntabilitas peradilan,” jelas Presiden.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif