Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko. Medcom.id/Siti Yona
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko. Medcom.id/Siti Yona

Gedung Graha Oil di Jaksel Senilai Rp100 Miliar Milik Tersangka Indosurya Disita

Nasional penipuan polri kasus penggelapan Penegakan Hukum Investasi Bodong Penipuan investasi
Siti Yona Hukmana • 21 April 2022 18:20
Jakarta: Bareskrim Polri terus menyita aset tersangka investasi bodong Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta. Sebuah gedung milik tersangka Henry Surya (HS) disita polisi.
 
"Berdasarkan surat perintah penyitaan tanggal 11 April 2022 pada Rabu, 20 April 2022 pukul 14.00 WIB, dilakukan penyitaan terhadap aset yang dibeli dari hasil kejahatan berupa sebuah Gedung Graha Oil di wilayah Setiabudi, Jaksel, atas nama HS senilai Rp100 miliar," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 21 April 2022.
 
Menurut Gatot, kegiatan penyitaan didampingi pihak sekuriti gedung dan pengacara tersangka. Saat penyitaan, penyidik juga membuat surat tanda penerimaan, membuat berita acara pemeriksaan (BAP) penyitaan, dan memasang standar penyitaan pada gedung tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gatot mengatakan penyidik tidak berhenti di situ saja. Penyidik Bareskrim Polri berencana menyita aset satu ruko di Tangerang Selatan (Tangsel) senilai Rp 7 miliar.
 
"(Penyidik) juga melakukan koordinasi dengan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terkait penetapan sita untuk dua lantai apartemen Sudirman Suites senilai Rp160 miliar," beber mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu.
 
Sebelumnya, Bareskrim Polri menyita gedung KSP Indosurya Cipta yang berada di kawasan Jakarta Pusat dan 13 aset yang ada di Jakarta Utara. Dengan total nilai aset diperkirakan Rp1,2 triliun.
 
Tak hanya itu, Bareskrim Polri telah memblokir beberapa rekening dalam jumlah rupiah maupun USD. Totalnya, kurang lebih Rp42 miliar.
 
"Di samping itu, ada (sita) 47 mobil ada mobil Rolls-Royce kemudian Range Rover dan sebagainya kurang lebih total diperkirakan Rp28 miliar," kata Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan, Jumat, 11 Maret 2022.
 
Baca: Gedung KSP Indosurya di Jakpus Disita, Bernilai Rp1,2 Triliun
 
Bareskrim Polri menetapkan tiga petinggi KSP Indosurya sebagai tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah Direktur Operasional KSP Indosurya Cipta, Suwito Ayub; Ketua KSP Indosurya Cipta, Henry Surya; dan Direktur Keuangan KSP Indosurya Cipta, June Indria.
 
Ketiganya disangkakan dengan dugaan tindak pidana perbankan dan atau tindak pidana penggelapan dan atau tindak pidana penipuan/perbuatan curang dan tindak pidana pencucian uang. Ketiganya dijerat dengan Pasal 46 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang tentang Perbankan dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 378 KUHP dan Pasal 3 dan atau Pasal 4. Serta, Pasal 5 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.
 
Henry dan June telah ditahan, sedangkan Suwito masih diburu. Penyidik telah meminta permohonan penerbitan red notice ke Interpol Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri. Penyidik juga menetapkan Suwito sebagai daftar pencarian orang (DPO). Bos KSP Indosurya itu diduga berada di luar negeri.
 
KSP Indosurya diduga menghimpun dana secara ilegal dengan menggunakan badan hukum Koperasi Simpan Pinjam Indosurya Inti/Cipta yang dilakukan sejak November 2012 sampai dengan Februari 2020. Perhimpunan dana ini memiliki bentuk simpanan berjangka dengan memberikan bunga 8-11 persen. Kegiatan tersebut dilakukan di seluruh wilayah Indonesia tanpa dilandasi izin usaha dari otoritas jasa keuangan (OJK).
 
Kasus ini mengemuka pascakoperasi mengalami gagal bayar. Henry Surya yang menjabat sebagai ketua Koperasi Simpan Pinjam Indosurya Inti/Cipta lantas memerintahkan June Indria dan Suwito Ayub untuk menghimpun dana masyarakat menggunakan badan hukum Kospin Indosurya Inti/Cipta.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif