DPR Tunggu Sikap PAN Soal Penggantian Taufik
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto/MI/Susanto
Jakarta: Wakil Ketua DPR Agus Hermanto belum menerima surat pengajuan pergantian Taufik Kurniawan sebagai pimpinan dewan. Pimpinan DPR menyerahkan sepenuhnya pengganti Taufik ke Partai Amanat Nasional (PAN).

"Kita harus bekerja sesuai aturan hukum yang ada. Kalau peraturan perundang-undangannya enggak bisa, tentunya tidak ada itu yang namanya dorong mendorong (Taufik mundur)," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 6 November 2018.

Baca: PAN Didesak Pecat Taufik Kurniawan


Agus menjelaskan DPR hanya mengikuti peraturan dalam UU MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) soal mekanisme pergantian pimpinan dewan. Mereka yang terkena kasus hukum bisa diproses apabila sudah ada keputusan hukum tetap.

"Kalau masih dalam tahap sekarang ini belum bisa diproses," ucap dia.

Baca: PAN Pegang Nama Pengganti Taufik

Absennya Taufik di kursi pucuk pimpinan dewan tak mengganggu proses pengambilan keputusan. Posisi Taufik yang membidangi anggaran bisa digantikan pimpinan lain.

"Tidak mutlak sesuai bidang  masing-masing. Bisa saja saya memimpin dengan kementerian yang terkait pendidikan. Pendidikan itu di komisi X, itu kan Pak Fahri Hamzah. Tapi kalau pak fahri sedang ke luar negeri atau tidak hadir tentunya saya bisa memimpin," beber politikus Partai Demokrat itu.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan. Politikus PAN itu ditahan usai menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan suap pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBNP 2016.





(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id