Terdakwa Lucas saat membacakan eksepsi - Medcom.id/Damar iradat.
Terdakwa Lucas saat membacakan eksepsi - Medcom.id/Damar iradat.

Lucas Mengaku Tak Kenal Sejumlah Nama di Surat Dakwaan

Nasional suap di ma
Damar Iradat • 14 November 2018 13:19
Jakarta: Terdakwa merintangi penyidikan Lucas membantah telah membantu petinggi PT Paramount Enterprise International Eddy Sindoro. Ia bahkan mempertanyakan sejumlah nama yang disebutkan jaksa dalam surat dakwaan.
 
Hal tersebut ia tuangkan dalam nota keberatan atau eksepsi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu, 14 November 2018. Menurutnya, surat dakwaan yang dibacakan jaksa pada 7 November itu membuatnya kebingungan.
 
"Saya semakin bingung dan bertanya-tanya, siapa orang-orang yang disebut dalam surat dakwaan itu? Karena yang saya kenal hanyalah Eddy Sindoro dan Stephen Sunarto," kata Lucas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah nama itu, antara lain Dina Soraya yang disebut bersama dengannya membantu Eddy melarikan diri. Padahal, ia mengaku tak mengenal sosok Dina Soraya yang disebutkan oleh jaksa.
 
Selain itu, sosok yang juga menjadi sorotan dalam perkara ini adalah Jimmy alias Lie. Nama Jimmy alias Lie kerap disebutkan baik dalam berkas perkara dan surat dakwaan.
 
Baca juga:Pelarian Eddy Sindoro Dibantu Petugas Imigrasi Soetta
 
Kendati begitu, menurut Lucas, Jimmy alias Lie tak pernah diperiksa oleh lembaga Antirasuah. Padahal, dalam berkas perkara, Eddy Sindoro dan Dina Soraya telah mengungkap betapa besarnya peranan Jimmy alias Lie selama Eddy Sindoro di luar negeri.
 
"Ada apa dan motif apa sebenarnya yang membuat sosok Jimmy alias Lie tidak pernah diperiksa dalam perkara ini? Semoga persidangan Yang Mulia ini dapat mengakhiri kekeliruan dan kekhilafan yang menimpa saya ini," tutur dia.
 
Selain itu, Lucas menyatakan, tuduhan jaksa terkait dengan masuk dan keluarnya Eddy Sindoro ke Indonesia pada 29 Agustus 2018 tidak benar. Apalagi, menurut dia, Eddy sebenarnya tidak dicekal dan tidak dalam status red notice pada tanggal tersebut.
 
"Lalu kenapa harus saya yang bertanggung jawab atas masuk dan keluarnya Eddy Sindoro dari Indonesia? Sungguh janggal," tegas dia.
 
Lucas sebelumnya didakwa merintangi penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus yang menjerat petinggi PT Paramount Enterprise International Eddy Sindoro.
 
Lucas didakwa melanggar Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
 
Baca juga:Petugas Imigrasi Soetta Kembalikan Uang Suap ke KPK

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif