Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo. MI/Susanto
Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo. MI/Susanto

LPSK: Bharada E Tidak Memiliki Niat Membunuh Brigadir J

Achmad Zulfikar Fazli • 15 Agustus 2022 14:17
Jakarta: Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) telah mendalami peran Bharada Richard Eliezer (E) dalam kasus pembunuhan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat (J). Dalam catatan LPSK, peran Bharada E sebagai salah satu pelaku pembunuhan sangat kecil.
 
Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan pihaknya sudah bertemu dengan Bharada E yang ditahan di Bareskrim Polri untuk menanyakan peristiwa pembunuhan Brigadir J. Dari hasil pertemuan itu, LPSK memastikan Bharada E bukan pelaku utama dalam kasus ini.
 
"Kita melihat bahwa peran yang bersangkutan kecil, yang bersangkutan tidak memiliki mens rea atau niatan untuk melakukan pembunuhan," ujar Hasto, Jakarta, Senin, 15 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bharada E menembak Brigadir J hingga akhirnya meninggal dunia atas perintah dari atasannya, yakni Irjen Ferdy Sambo. Atas dasar ini, LPSK memutuskan memberikan perlindungan kepada Bharada E sebagai justice collaborator.
 
Dengan posisinya sebagai justice collaborator, Bharada E akan memberikan informasi terkiat berbagai fakta dari berbagai kejadian pembunuhan Brigadir J. 
 
"Mereka bersedia mengungkap orang-orang yang memiliki peran lebih besar di dalam tindak pidana ini," ujar dia.
 

Baca: LPSK Berikan Pelindungan kepada Bharada E sebagai Justice Collaborator


Polri menetapkan empat tersangka dalam kasus penembakan Brigadir J. Keempatnya ialah Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka Ricky Rizal (RR), dan Kuat alias KM yang merupakan asisten rumah tangga (ART) sekaligus sopir Putri Candrawathi. 
 
Keempat tersangka dijerat Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana, Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan, juncto Pasal 55 dan 56 KUHP. Dengan ancaman hukuman pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu paling lama 20 tahun. 
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif