Fredrich Minta Resume Medis Novanto
Deisti Astriani Tagor. Foto: MI/Rommy
Jakarta: Terdakwa Fredrich Yunadi disebut sempat meminta resume medis milik Setya Novanto. Fredrich bahkan memotret resume medis milik Novanto menggunakan telepon genggamnya.
 
Hal itu diungkap oleh istri Novanto, Deisti Astriani Tagor saat dihadirkan menjadi saksi dalam sidang lanjutan perkara merintangi penyidikan kasus KTP elektronik dengan terdakwa Fredrich. Menurutnya, saat itu, Fredrich sempat datang ke kediamannya sekitar November 2017.
 
"Dia mau lihat resume dokter, tapi difoto saja. Pak Fredrich datang sekitar November 2017," ujar Deisti di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Mei 2018.
 
Deisti mengatakan, Novanto sebelumnya sempat menjalani pemeriksaan jantung di RS Premier Jatinegara, Jakarta Timur. Ia tak keberatan memperlihatkan resume medis Novanto ke Fredrich.
 
Menurut dia, saat itu Fredrich mengaku telah meminta izin ke Novanto untuk melihat resume medis. Selain itu, menurut dia, Novanto sempat menceritakan pengalaman Fredrich yang memasang 10 ring di jantungnya.
 
"Jadi saya kasih. Waktu itu suami saya juga cerita Pak Fredrich sudah pasang 10 ring, saya bilang tapi masih gagah saja, suami saya pasang dua ring," ucapnya.
 
Mantan pengacara Setya Novanto itu sebelumnya didakwa bekerja sama dengan Bimanesh untuk menghindarkan Novanto untuk diperiksa dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi KTP-el. Ia disebut menyarankan agar Novanto tidak memenuhi panggilan KPK.

Baca: Novanto dan Istri Bersaksi untuk Fredrich

Fredrich diduga meminta Bimanesh untuk merekayasa hasil pemeriksaan kesehatan Novanto. Saat itu, Novanto memang tengah diburu oleh KPK lantaran tak juga memenuhi panggilan komisi antirasuah tersebut.
 
Atas perbuatannya, Fredrich didakwa dengan Pasal 21 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP.






(FZN)