Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan memasuki mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11/2018). Foto: MI/Ramdani
Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan memasuki mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11/2018). Foto: MI/Ramdani

Pimpinan DPR Belum Bisa Ganti Taufik Kurniawan

Nasional suap bupati kebumen
Whisnu Mardiansyah • 03 Desember 2018 14:17
Jakarta: Proses pergantian Wakil Ketua nonaktif DPR Taufik Kurniawan belum juga diproses. Pasalnya, pimpinan DPR belum menerima surat pengunduran diri Taufik sebagai syarat pergantian pimpinan.
 
"Sesuai ketentuan, yang terpenting harus ada surat pengunduran diri dari Pak Takur (Taufik Kurniawan) sendiri. Itu aturan di UU MD3. Karena tata cara pergantian anggota harus ada yang bersangkutan mengundurkan," kata Ketua DPR Bambang Soesatyo di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 3 Desember 2018.
 
Hingga saat ini pimpinan DPR belum mendapatkan surat pengunduran diri Taufik. Baik dari Taufik langsung maupun dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: PAN Didesak Pecat Taufik Kurniawan
 
Bamsoet mengatakan pimpinan DPR enggan terburu-buru memproses pergantian Takur. Ia meminta surat pergantian Taufik yang diajukan PAN dilampirkan dengan surat pengunduran diri dari Taufik.
 
"Kalau tidak ada itu (surat pengunduran diri Taufik), mungkin akan kita rapatkan di tingkat pimpinan dulu," ujar Bamsoet.
 
Politikus Partai Golkar itu tak ingin proses pergantian Taufik menjadi masalah ke depannya. Jika pergantian itu tanpa ada surat pengunduran diri dari Taufik.
 
"Langkah apa yang akan kita ambil. Dan kita juga akan minta kajian dari Biro Hukum. Karena kita juga tidak mau digugat oleh yang bersangkutan," kata Bamsoet.
 
Baca juga: Taufik Kurniawan Menghilang Sejak Dicegah KPK
 
Bamsoet melanjutkan, sebaiknya PAN mendiskusikan hal ini dengan Takut sebelum surat pengajuan pergantian Taufik dilayangkan. Karena dalam UU MD3 jelas proses pergantian pimpinan DPR salah satunya dengan surat pengunduran diri dari yang bersangkutan.
 
"Agar tidak menimbulkan polemik maka secara internal PAN harus pastikan semua pihak sepakat termasuk Pak Taufiknya," kata dia.
 

(MBM)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif