Wakil Ketua DPRD Lamteng Divonis 5,5 Tahun Penjara

Juven Martua Sitompul 06 November 2018 04:04 WIB
Suap Bupati Mustafa
Wakil Ketua DPRD Lamteng Divonis 5,5 Tahun Penjara
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jakarta: Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman 5,5 tahun penjara terhadap Wakil ketua DPRD Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) Natalis Sinaga. Dia juga didenda Rp200 juta subsider dua bulan kurungan.

"Mengadili, menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan korupsi secara bersama-sama dan berlanjut," kata Ketua Majelis Hakim Ni Made Sudani di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin, 5 November 2018.

Untuk yang memberatkan, hakim menilai perbuatan Natalis tidak mendukung pemerintah dan masyarakat yang giat memberantas korupsi. Namun, Natalis sopan dan berterus terang di persidangan.


Hal yang meringankan lainnya Natalis belum pernah dihukum serta memiliki tanggungan keluarga. Natalis juga mengembalikan uang Rp590 juta dari uang suap yang telah diterimanya.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menilai Natalis terbukti menerima uang secara bertahap Rp9,6 miliar. Uang agar Natalis menandatangani surat pernyataan kesediaan pimpinan DPRD Lampung Tengah memotong Dana Alokasi Umum dan Dana Bagi Hasil Kabupaten Lampung Tengah gagal bayar. Termasuk, agar DPRD Lampung Tengah menyetujui rencana pinjaman daerah Kabupaten Lampung Tengah kepada PT MSI sebesar Rp300 miliar TA 2018.

Baca: Legislator Lampung Tengah Divonis 4 Tahun Penjara

Natalis juga dianggap melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 Undang-Undang No 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 dan Pasal 64 ayat 1 ke-1 KUHP.

Vonis ini jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa KPK yaitu delapan tahun penjara dan denda Rp250 juta subsider enam bulan kurungan. Natalis dan jaksa penuntut KPK mempertimbangkan melakukan banding atas putusan tersebut.



(AGA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id