Komisioner terpilih KPK Lili Pintauli Siregar (kanan) dan Nurul Ghufron (kiri). Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Komisioner terpilih KPK Lili Pintauli Siregar (kanan) dan Nurul Ghufron (kiri). Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Pimpinan Terpilih Janji Rangkul Pegawai KPK

Nasional kpk
Kautsar Widya Prabowo • 19 November 2019 17:02
Jakarta: Komisiner terpilih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron berjanji akan mengandeng Wadah Pegawai (WP) dalam kepemimpinannya. Semua pihak diajak untuk bersatu memajukan Lembaga Antirasuah.
 
"Bukan hanya WP juga teman-teman atau pihak lain yang selama ini turut membangun kepercayaan masyarakat terhadap KPK (akan bersinergi)," kata Ghufron saat mengunjungi Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 19 November 2019.
 
Di sisi lain, ia mengaku tidak memusingkan polemik batas usia pimpinan yang tertera dalam Pasal 29 butir e Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan UU KPK. Ghufron sempat dianggap tidak memenuhi batas umur pimpinan KPK, 50 tahun, yang ada di pasal itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akademisi Universitas Negeri Jember itu merasa tetap sah menjadi pimpinan terpilih. Pria berusia 45 tahun itu menegaskan perubahan UU KPK belum berlaku saat dirinya masih mengikuti rangkaian proses seleksi calon pimpinan KPK.
 
"Saya diproses pada saat UU 30 Tahun 2002 versi lama yang mempersyaratkan masih usianya 40 tahun," jelas dia.
 
Pimpinan KPK 2019-2023 dilantik Jumat, 20 Desember 2019. Nakhoda baru KPK ini adalah hakim di Pengadilan Tinggi Denpasar, Bali, Nawawi Pomolango; eks Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Lili Pintauli Siregar; Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember, Nurul Ghufron; Komisioner KPK, Alexander Marwata; dan Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan Polri, Komjen Firli Bahuri.
 


 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif