NEWSTICKER
Wakil Direktur Resnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Sapta Maulana Marpaung (kiri). Foto: Hafidz Mubarak A/Antara Foto
Wakil Direktur Resnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Sapta Maulana Marpaung (kiri). Foto: Hafidz Mubarak A/Antara Foto

Polisi Tetapkan 15 Tersangka Peredaran Ganja Sintetis

Nasional ganja Rangkuman Nasional
MetroTV • 10 Februari 2020 11:20
Jakarta: Polisi menetapkan 15 tersangka dalam kasus dugaan peredaran ganja sintetis atau tembakau gorila. Satu tersangka merupakan narapidana berinisial L di salah satu lembaga pemasyarakatan (lapas) di Jawa Tengah.
 
"Sejauh ini sudah 15 tersangka yang kita amankan, kemarin waktu hari Jumat (7 Februari 2020) mungkin masih 14 (tersangka) ya. Kemudian tim masih bergerak terus dan menangkap lagi satu orang yang ada di salah satu lapas di Jawa Tengah," kata Wakil Direktur Raserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Sapta Maulana Marpaung dalam acara Primetime Metro TV, Jakarta, Senin, 10 Februari 2020.
 
Sapta menjelaskan kasus ini terungkap setelah polisi menangkap satu orang di kawasan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti berupa ganja sintetis yang diketahui dibeli dari media sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian dapat dikembangkan melalui control delivery sehingga tersangka yang menjual itu didapat lagi sebanyak dua tersangka," jelas dia.
 
Polisi Tetapkan 15 Tersangka Peredaran Ganja Sintetis
Ilustrasi ganja sintetis (tembakau gorilla). Foto: Arnas Padda/Antara Foto
 
Penyelidikan meluas hingga ke Surabaya, Jawa Timur, setelah petugas mendapat keterangan dari dua penjual ganja sintetis tersebut. Pada Kamis, 6 Februari 2020, petugas menggerebek salah satu apartemen di Surabaya dan mendapati empat tersangka beserta tempat membuat ganja sintetis tersebut.
 
Para tersangka dijerat dengan Pasal 114 dan Pasal 112 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya maksimal 20 tahun penjara, dan denda Rp10 miliar.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif