Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat kelas 1A khusus berikrar menjadi aparatur PN yang bersih dan jauh dari korupsi. (Foto: Medcom.id/Cindy)
Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat kelas 1A khusus berikrar menjadi aparatur PN yang bersih dan jauh dari korupsi. (Foto: Medcom.id/Cindy)

PN Jakarta Pusat Janji Jaga Integritas Birokrasi

Nasional antikorupsi
Cindy • 01 Maret 2019 11:51
Jakarta: Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat kelas 1A khusus berikrar menjadi aparatur PN yang bersih dan jauh dari korupsi. Janji itu tertuang dalam pencanangan zona intergritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM). 
 
"Tadi saya sudah bacakan fakta intergritas, berjanji tidak melanggar kode etik. Apabila melanggar bersedia menerima hukuman seberat-beratnya," kata Ketua PN Jakarta Pusat Yanto di PN Jakarta Pusat, Jakarta, Jumat, 1 Maret 2019. 
 
Dia menjelaskan hukuman yang diterima aparatur PN tergantung seberapa berat pelanggarannya. Macam pelanggaran dibagi tiga; ringan, sedang, dan berat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mulai dari peringatan lisan, tertulis ringan, dan tertulis berat. Hakim pun bersedia mendapatkan hukuman seberat-beratnya jika melanggar (ikrar)," ucap Yanto.
 
Baca juga: OTT Sepanjang 2018 Mencetak Sejarah
 
Terdapat lima ikrar aparatur PN Jakarta Pusat dalam mewujudkan WBK dan WBBM. Pertama, aparatur PN Jakarta Pusat Kelas 1A Khusus dalam menjalankan tugas tidak akan menerima pemberian baik berupa uang atau barang, baik langsung maupun tidak langsung dan tidak akan terpengaruh dengan siapa pun juga.
 
Kedua, senantiasa bekerja dengan ikhlas, jujur, dan tidak akan mengharapkan imbalan baik berupa uang maupun barang dari siapa pun juga. Ketiga, patuh, dan taat serta menjunjung tinggi kode etik hakim, panitera, pegawai, dan tidak sekali-kali akan melanggarnya.
 
Keempat, mendukung sepenuhnya pembangunan zona integritas di PN Jakarta Pusat kelas IA khusus menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM). Kelima, tidak akan melakukan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme dengan berjuang untuk menguntungkan diri sendiri dan kelompok yang akan merugikan negara. Apabila kami melanggar, hal-hal yang kami ikrarkan, kami bersedia dikenai tindakan dan sanksi dengan seberat-beratnya.
 
Baca juga: PN Jakarta Barat Ikrar Bersih dari Korupsi
 
Selain PN Jakarta Pusat, Pengadilan Negeri Jakarta Barat lebih dulu membacakan ikrar. Serupa, PN Jakarta Barat berjanji menjaga lingkungan pengadilan tetap bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.
 
"Kita bekerja dengan ikhlas sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) dan mematuhi kode etik hakim, panitera, juru sita, dan peraturan disiplin pegawai negeri," ungkap Ketua PN Jakarta Barat Sugiyanti, di gedung PN Jakarta Barat, Jakarta, Kamis, 28 Februari 2019. 
 
Sugiyanto memastikan pengucapan ikrar dilakukan dalam kondisi sadar dan sehat. Menyatakan sebuah ikrar dinilai penting untuk menciptakan lingkungan pengadilan bebas dari korupsi.
 
"Kami bertekad, berkomitmen, mewujudkan WBK dan WBBM di PN Jakarta Barat. Tujuan utamanya menghilangkan korupsi dan peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat di PN Jakbar," ungkap dia.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif