Koordinator MAKI Boyamin Saiman. Medcom.id/Cindy
Koordinator MAKI Boyamin Saiman. Medcom.id/Cindy

MAKI Tuntut Kelanjutan Kasus Dugaan Suap Rachel Vennya

Nasional Kasus Suap Pungli Rachel Vennya karantina mandiri Rachel Vennya Kabur
Siti Yona Hukmana • 21 Desember 2021 10:46
Jakarta: Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) bakal mendatangi Bareskrim Polri Selasa siang, 21 Desember 2021. MAKI mempertanyakan kelanjutan kasus dugaan suap selebgram Rachel Vennya saat menghindari kewajiban karantina kesehatan beberapa waktu lalu.
 
"Hari ini (Selasa, 21 Desember 2021) jam 13.00 WIB di Bareskrim Polri. Kedatangan hari ini sekaligus menanyakan proses selanjutnya atas surat tersebut," ujar Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangan tertulis, Selasa, 21 Desember 2021.
 
Boyamin mengaku akan menyerahkan sejumlah dokumen dan bukti terkait dugaan suap/pungli atas tidak karantina Rachel Vennya dan kawan-kawan. Surat aduan dikirim ke Bareskrim Polri pada Kamis, 16 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selebgram Rachel Vennya diduga menyuap sejumlah pihak agar bebas dari kewajiban menjalani karantina kesehatan usai kembali dari luar negeri beberapa waktu lalu. Dugaan suap Rachel itu diadukan ke Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) pada Selasa, 14 Desember 2021.
 
Dugaan suap/pungli itu terbongkar dalam persidangan. Rachel Vennya diketahui mentransfer uang Rp40 juta kepada Ovelina, petugas Bandara Soekarno-Hatta.
 
"Ovelina dalam persidangan menyatakan itu atas permintaan Satgas (Covid-19) dan yang Rp30 juta dibagi-bagikan, yang katanya satgas yang Rp10 juta dibagikan dia dan mengatakan juga dikasihkan kepada Eko dan juga satunya inisial J," kata Boyamin pada Selasa, 14 Desember 2021.
 
Boyamin berharap Saber Pungli berkoordinasi dengan penegak hukum menyelidiki dugaan pungli dan suap itu. Uang diduga juga mengalir ke satgas yang terdiri dari pegawai negeri sipil maupun militer, serta oknum lainnya.
 
"Saya minta Saber Pungli mendistribusikan perkara ini, ada KPK, Kepolisian, maupun Kejaksaan Agung apabila ditemukan dugaan kuat, ada bukti ini peristiwa dugaan suap dan memenuhi unsur suap juga tentunya," ujar Boyamin.
 
Baca: 2 Anggota TNI AU yang Bantu Rachel Vennya Kabur Karantina Ditahan
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif